Tanya Dokter

  • Nyeri dada sebelah kiri ketika terkejut

  •  Cibi
    Anggota

    Selamat sore dok...

    Sudah 2 tahun ini setiap kali saya kaget dada sebelah kiri saya terasa nyeri, meskipun nyeri ini tidak akan bertahan lama, paling lama hanya sehari saja.

    Saya takut ada masalah dengan jantung saya dok.

    Setiap tahun saya selalu rutin medical check up, tapi tidak ada masalah dengan jantung saya, hanya saja asam urat dan kolesterol saya tinggi.

    Kira-kira apa yang menyebabkan nyeri pada dada kiri saya ya dok?

    Saya takut dikemudian hari sakit ini akan lebih parah atau membahayakan saya.

    Mohon penjelasannya dok, terima kasih

    Hai Cibi. Kondisi terkejut merupakan suatu kondisi yang memicu keluarnya hormon adrenalin secara berlebihan. Akibat dari keluarnya hormon ini adalah penurunan ukuran pembuluh darah terutama jantung dan di satu sisi juga hormon ini berfungsi untuk memacu jantung. Akibat dari kondisi ini, terjadi penurunan aliran darah jantung namun, jantung juga harus bekerja keras akibat pacuan hormon, akibatnya memicu nyeri dada akibat kebutuhan Oksigen meningkat namun pasokan Oksigen dari darah menurun. Hal ini jugalah merupakan mekanisme terjadinya serangan jantung seperti yang sering terjadi akibat mendengar kabar yang mengejutkan atau dikagetkan oleh seseorang. Resiko henti jantung juga meningkat terutama bagi mereka yang berusia tua ataupun memiliki masalah jantung sebelumnya. 

    Konsultasikan dengan dokter anda mengenai kondisi yang anda alami untuk informasi lebih lanjut. Tetap jaga pola hidup sehat dengan konsumsi gizi seimbang, konsumsi air puth, olahraga teratur, kelola stres dan istirahat cukup. Semoga bermanfaat dan terima kasih. Salam, dr Alyssa