Tanya Dokter

  • Nyeri dada sebelah kanan dan kaitan dengan pengobatab TB

  •  Hamish
    Anggota
    Dok. Saya dah positif TBC , beberapa hari yang lalu dada sebelah kiri yang sakit, sekarang berpindah ke dada sebelah kanan. Apakah itu pengaruh obat 6 bulan, atau pengaruh TBC nya yang sudah menyebar. Terimakasih.
    Hamish  dr. Devika Y
    Dokter

    Halo Hamish,

    Apakah saat ini Anda sedang mengkonsumsi obat anti tuberkulosis / OAT? Sama seperti obat lainnya, OAT juga memiliki beberapa efek samping, termasuk sesak napas dan nyeri dada. Efek samping OAT selengkapnya bisa Anda baca pada diskusi Efek samping OAT. Namun perlu diketahui juga bahwa tuberkulosis / TB sendiri juga bisa menimbulkan keluhan nyeri dada.

    Selain karena efek samping OAT dan TB, nyeri dada kanan pun bisa disebabkan karena beberapa hal lain juga, diantaranya yaitu:

    • Infeksi pada saluran pernapasan dan paru selain TB, misalnya pneumonia, bronkitis, pneumothorax, pleuritis
    • Gangguan pencernaan: GERD / penyakit asam lambung
    • Masalah pada hati: misalnya hepatitis
    • Nyeri pada otot dada dan adanya riwayat trauma pada daerah dada
    • Cedera / trauma pada dada
    • Penyakit jantung
    • Stress dan masalah psikologis lainnya

    Agar penyebab nyeri dada kanan bisa dipastikan, saya sarankan agar Anda melakukan kontrol dengan dokter yang biasa merawat TB Anda ya. Dokter akan melakukan pemeriksaan dan evaluasi lebih lanjut untuk mengetahui kondisi yang menyebabkan keluhan Anda dan selanjutnya memberikan penanganan yang tepat untuk Anda.

    Beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

    • Konsumsi OAT sesuai anjuran dokter
    • Makan secara teratur
    • Perbanyak minum air putih
    • Istirahat cukup
    • Olahraga ringan secara teratur
    • Beri jeda antara makan dnegan berbaring setidaknya 1-2 jam
    • Kelola stress dengan baik
    • Biasakan pola hidup sehat

    Berikut ini artikel yang berhubungan dengan topik pertanyaan Anda:

    Nyeri dada kanan

    Terimakasih dan semoga membantu,

    dr. Devika Y