Tanya Dokter

  • Nyeri dada sebelah kanan

  •  Rian Resaldi
    Anggota
    Dok ketika saya bernafas dada sebelah kanan terasa nyeri nafas saya juga jadi pendek dan suka mau batuk kalau mau ngambil nafas panjang, pas batuk juga terasa lebih sakit dada sebelah kanan saya dok
    Rian Resaldi  dr. Irvandi
    Dokter

    Halo Rian Resaldi,

     

    Nyeri dada merupakan salah satu nyeri yang paling umum dijumpai dan hampir setiap orang pasti pernah mengalami nyeri dada. Nyeri dada sebelah kanan dapat dijumpai pada beberapa kelainan seperti pada kekakuan otot rongga dada, Costochondritis, batu pada kandung empedu, akibat kondisi psikologis tertentu seperti cemas atau panik, atau karena adanya riwayat trauma pada dada .

     

    Selain itu, pada kondisi batuk terutama pada batuk yang keras dan dipaksakan juga dapat terjadi nyeri dada karena adanya kontraksi pada otot-otot dada sehingga menyebabkan rasa nyeri. Beberapa anjuran yang dapat anda lakukan seperti menghindari batuk dengan keras dan dipaksakan, mengkonsumsi obat paracetamol untuk meredakan nyeri, bernafas dengan pelan dan teratur, minum air putih yang banyak, beristirahat dengan cukup, menghindari kebiasaan merokok dan berolahraga dengan teratur.

     

    Selain dari itu, apabila nyeri pada dada dirasakan terus menetap, tidak membaik dengan pereda nyeri atau menjadi sesak (sulit untuk bernafas) sebaiknya lakukanlah konsultasi dengan dokter untuk melakukan pemeriksaan. Melalui pemeriksaan fisik ataupun pemeriksaan penunjang apabila diperlukan seperti pemeriksaan foto Roentgen atau pemeriksaan darah dapat dilakukan untuk menunjang diagnosa penyebab dari keluhan yang anda alami.

     

    Semoga informasi ini bermanfaat.

     

    Salam,

     

    dr. Irvandi