Tanya Dokter

  • nyeri dan bengkak pada buah zakar, tanda penyakit hernia kah ?

  •  Shandy Chikss
    Anggota

    Maaf dok mengganggu, mau tanya buah zakar membengkak dan nyeri sekali apa obatnya dok, awal mulanya batang penis yg bengkak dan mengeluarkn cairan ntah itu cairan apa agak lengket dan klo kering warna kuning, ini udh ke dua kalinya dok klo dlu di suntik aj sama dokter daerah sni blangnya cuman penyakit hernia aja karna kerja terlalu berat apa itu betul dok ?

    Halo,   Apakah nyeri dan bengkak disertai kemerahan di organ intim Anda? Baca artikel Kelainan pada skrotum dan testis. Pembesaran pada scrotum (buah zakar) bisa terjadi karena :

    1. Infeksi skrotum.
    2. Epididimitis.
    3. Varikokel.
    4. Hernia scrotalis.
    5. Abses.
    6. Infeksi kulit.
    7. Kista.
    8. Kanker.
    9. dll.
    Untuk mengetahui dengan pasti apakah pembengkakan tersebut terjadi karena adanya infeksi pada skrotum atau karena terjadinya penurunan usus ke skrotum maka dokter perlu memeriksakan kondisi Anda secara langsung. Pada hernia umumnya pembengkakan diawali dengan benjolan kecil di selangkangan yang semakin lama bisa semakin besar bila tidak mendapatkan penanganan yang sesuai. Benjolan tersebut bisa memanjang dna akhirnya masuk ke scrotum dan membuat scrotum membesar dan disertai nyeri karena penekanan organ sekitarnya. Tetapi jika skrotum membengkak secara mendadak, disertai nyeri, kemerahan dna rasa panas pada skrotum maka infeksi bisa menjadi penyebab kondisi Anda. Kondisi yang Anda alami ini sebaiknya segera diperiksakan dan ditangani oleh dokter untuk mencegah komplikasi yang tidak diinginkan. Jaga kebersihan organ intim Anda, hindari mengangkat barang terlalu berat dan kompres dingin scrotum Anda, berbaring dengan posisi bokong lebih tinggi dari dada bisa membantu meredakan pembengkakan apabila kondisi tersebut disebabkan hernia. Semoga membantu.   dr. Yusi