Tanya Dokter

  • nyeri dan darah berlebih pada saat haid

  •  Aji Setiadi
    Anggota

    Pg dok, saya yani 34 thn.. 1 tahun lalu saya copot iud karna nyeri haid luar biasa di prut kanan bawah, sampe sekarang 2 hari pertama haid pasti nyeri yang tidak tertahankan sperti di silet silet di perut kanan bawah.. apa penyebabnya ya dok? Saya sudah priksa di 2rumah sakit katanya tidak apa apa tp saya priksa di rumah sakit lain kkatanya ada penebalan miom 0,1. Saya bingung dok harus priksa apa supaya tau jenis sakit saya. Karna hanya 2 hari awal haid aj yg sakit luar biasa dan pingang sakit, mual, kepala pusing, serta haid saya banyak, putra saya sdh usia 13 thn, saat ini saya ingin hamil lgi. Trima kasih dok saya tunggu jawaban dokter

    Hello,   Nyeri haid dirasakan sebagian besar wanita pada awal siklus menstruasi. Intensitas nyeri sangat bervariasi pada setiap individu. Penyebab nyeri haid ini adalah karena kontraksi berlebih dari rahim saat menstruasi dan peningkatan salah satu bahan kimia tubuh yang bernama prostaglandin yang terus menerus merangsang kontraksi rahim. Nyeri haid normalnya terjadi 1-2 hari pada awal siklus menstruasi. Jika Anda telah melakukan pengecekan dan tidak ditemukan sesuatu yang bisa menjadi dasar/ penyebab lain nyeri haid Anda maka penanganan nyeri haid bisa dilakukan sendiri. Untuk penanganan nyeri haid Anda bisa melakukan :

    1. Kompres hangat perut yang terasa nyeri
    2. Mandi berendam dengan air hangat (jangan terlalu lama)
    3. Melakukan olahraga relaksasi seperti yoga/ pilates
    4. Memijat
    5. menempelkan koyo di tempat nyeri
    6. Menghindari rokok dan alkohol
    7. Minum obat pereda nyeri seperti parasetamol / ibuprofen
    Jika nyeri haid menetap atau intensitasnya semakin kuat maka pemeriksaan fisik dan pemeriksaan lain seperti USG, CT SCAN, MRI, tes darah, tes urin, dan pemeriksaan histeroskopi akan dilakukan jika diperlukan oleh tenaga ahli seperti dokter kandungan. Penyebab lain dari kondisi nyeri haid berlebih ini adalah :
    1. Endometriosis
    2. Penyakit radang panggul
    3. Adenomiosis
    4. Fibroid pada rahim
    5. Stenosis mulut rahim
    6. Mengkonsumsi rokok / alkohol
    7. obesitas
    8. dll
    Semoga membantu.     dr. Yusi