Tanya Dokter

  • nyeri dan gatal pada vagina

  •  Tania Tan
    Anggota

    Hallo Dok, saya mau nanya nih beberapa hari ini udh mau seminggu saya ngerasain rasa nyeri dan gatal pada mis V sampai sekarang masih dikit dok tapi lagi ngejalanin mentruasi pas pertama kena dinding" vaginanya yg gatal tapi skrg lebih ke intimnya yg gatal dindingnya udh nggak. Pas mau buang air kecil terus kena yg gatalnya rasanya pedih banget dok tapi sekarang udh agak mendingan karna saya pake albotil, pertama saya pake absolute gak mempan. Jadi apa ini keputihan dok? Atau masalahnya kebersihan? Tapi juga kadang keluar lendir berbau dan tidak. Jadi kalo perlu gak konsultasi ke dokter? Dan kalau lagi haid kayak gini gimana dok?

    Dear Tania, Gatal pada vagina merupakan gejala yang bisa dialami semua wanita mulai dari anak-anak hingga dewasa. Gatal ini bisa terjadi karena satu atau beberapa penyebab secara bersamaan. Berikut beberapa kemungkinan yang umum menjadi penyebab:

    • iritasi bahan kimia yang terdapat pada kondom, tisu, krim, pembalut, sabun
    • infeksi jamur atau kandidiasis
    • vaginosis bakteri
    • penyakit menular seksual seperti herpes, gonore, trikomoniasis, klamidia
    • lichen sklerosis
    • pra-kanker
    • stres
    • infeksi cacing kremi
    • dsb.
    Empat penyebab yang disebutkan pertama bisa menyebabkan keputihan. Keputihan yang tidak normal bisa memiliki ciri-ciri sbb:
    • tidak berwarna bening
    • disertai rasa gatal
    • disertai bau
    • disertai rasa perih pada vagina
    • disertai rasa sakit perut
    Sebaiknya konsultasikan keluhan Anda dengan dokter agar dapat dicari penyebab yang paling mungkin. Dokter akan menanyakan riwayat gejala tersebut secara lebih lengkap dan akan melakukan pemeriksaan fisik yang diperlukan. Pemeriksaan penunjang seperti analisis lendir keputihan mungkin akan dokter anjurkan. Terapi yang tepat akan dokter berikan sesuai dengan diagnosis. Berikut anjuran yang dapat Anda lakukan:
    • jaga senantiasa kebersihan organ intim
    • bersihkan organ intim dengan membasuhnya dari arah depan ke belakang
    • gunakan celana dalam yang menyerap keringat dan tidak ketat
    • ganti celana dalam yang terasa lembab dan basah
    • batasi penggunaan panti liners dan pembersih organ kewanitaan
    Berikut laman yang dapat Anda baca: Menangani vagina gatal Demikian penjelasan saya, semoga bermanfaat. Terima kasih dan salam, dr. Rony Wijaya