Tanya Dokter

  • Nyeri di bahu setelah 2 tahun kecelakaan

  •  Rinata
    Anggota
    Selamat pagi dok, saya Rina umur 21 tahun. 2 tahun yg lalu sy kecelakaan motor. Saat kecelakaan sy mengalami benturan di bagian kepala dan luka dalam di bagian kaki betis sebelah kanan ( memar) dan sedikit nyeri bahu, lalu sy berobat ke dokter syaraf dan terapi bekam Alhamdulillah kepala sembuh namun kaki masih sering kambuh. Nyeri di betis menjalar sampai tumit sampai sakit dibuat jalan serta nyeri bahu sedikit bertambah.awalnya dokter mendiagnosis tulang belakang sy ada yg bermasalah Lalu sy dirontgen. Namun hasil Rontgen menunjukkan tdk ada masalah terkait tulang belakang sehingga sy diberi obat nyeri syaraf untuk mengurangi sakit. untuk saat ini nyeri di kaki jarang kambuh namun bahu sebelah kanan sangat nyeri, jikalau lelah sedikit langsung kambuh. Bahkan nyeri bahunya itu tidak hilang hilang walaupun sudah sy kompres atau oles balsem dan sejenisnya dan terakhir 5 hari yg lalu diberi obat nyeri syaraf dan tdk ada perubahan sampai sekarang . Yang sy tnykn dok, dari rentetan sakit yg sy alami apa benar itu efek dari kecelakaan 2 tahun yg lalu, nyeri di bahu itu apakah ada hubungannya dgn kecelakaan. Bagaimanakah seharusnya yg sy lakukan untuk mengurangi rasa nyeri di bahu (Sedikit tambahan: pasca kecelakaan sampai sekarang daya tahan tubuh sy tdk seperti dulu lagi.. rentan sakit).

    Halo Rinata.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Perlu Anda ketahui sebelumnya bahwa nyeri pada bahu merupakan keluhan yang paling sering dialami pada sebagian besar orang. Nyeri pada bahu yang Anda alami saat ini memang dapat saja disebabkan oleh karena adanya riwayat trauma / cedera sebelumnya yang kemungkinan melibatkan tulang, Otot, saraf, pembuluh darah, yang membentuk bahu.

    Akan tapi selain oleh karena terdapatnya riwayat trauma / cedera, kondisi yang Anda alami juga dapat disebabkan oleh : Frozen shoulder syndrome === kondisi yang disebabkan oleh karena beberapa macam hal seperti Peradangan pada ruang bantal sendi baku/ peradangan pada tendon/ Peradangan urat otot / otot di sekitar bahu robek, peradangan pada sendi bahu, radikulopati servikal, dan lain sebagainya.

    Cobalah atasi keadaan ini terlebih dahulu dengan cara :

    • Lakukan kompres hangat pada baru yang terasa sakit.
    • Tetap usahakan melakukan gerak aktif, akan tetapi jangan berlebihan.
    • Hindarilah mengangkat barang berat terlebih dahulu.
    • Jika sangat sakit Anda dapat mengonsumsi obat Pereda rasa sakit seperti ibuprofen apabila tidak terdapat kontraindikasi terhadap tubuh Anda.
    • Kelola stress psikologis.
    • Tidur dan istirahat yang cukup.

     

    Jika setelah Anda melakukan cara - cara di atas kondisi yang Anda alami masih saja sering mengalami kekambuhan, maka kami sangat menyarankan segeralah menemui dokter spesialis rehabilitasi medis, agar dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut, sehingga akhirnya penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan kondisi Anda saat ini.

    Salam,

    @dr.jati