Tanya Dokter

  • nyeri di dada bagian dalam saat hamil

  • saat ini usia kandungan saya 6 bulan jln 7.. saya mau tanya.. apa penyebabnya ketika saya duduk di lantai , saat saya berdiri dada saya di bagian dalam tiba" sakit saat untuk bernafas.. dan jika saya duduk lama" perut saya terasa pegal.. bagaimana cara mengatasinya.. trimksih..

    Hai, Dengan usia kandungan yang makin bertambah, maka ukuran rahim juga makin besar. Bisa saja karena posisi rahim yang membesar dan mendesak otot diafragma (otot pernapasan yang terletak di antara rongga dada dan perut), sehingga merasa susah untuk bernapas atau dada menjadi tidak nyaman. Tetapi perlu diperhatikan juga kemungkinan lain dari penyebab nyeri dada, misalnya:

    • radang pada selaput paru
    • regangan berlebihan dari otot dada
    • kondisi yang berhubungan dengan jantung atau paru
    • penyakit asam lambung
    Saat rahim membesar, hal ini juga akan mendorong ligamen penyangganya, sehingga bisa timbul rasa pegal atau nyeri di perut bawah, bahkan dapat terasa tidak nyaman di daerah panggul hingga genital. Kompres hangat dapat diberikan untuk mengurangi rasa pegal atau nyeri yang timbul. Ubah posisi perlahan sehingga ibu hamil merasa nyaman. Jika keluhan masih dirasakan, Anda dapat periksa dan berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan. Hal ini berguna untuk memastikan apakah keluhan hanya berhubungan dengan kehamilan yang makin membesar, atau mungkin terdapat kondisi medis yang lain. Pemeriksaan fisik dan tes penunjang medis seperti tes darah atau USG dapat membantu untuk mengetahui kondisi kesehatan ibu dan janin.   Semoga bermanfaat, Dr. Jessica Winoto

    Riska Hidayathie  A Aryadi Ali
    Anggota

    Malam dok sy mau bertanya. Usia kandungan sy sekarang pas 6 bulan. Sy mau bertanya kenapa pada saat sy tidur sy selalu merasakan sakit pada bagian dada sy, tidur miring kiri maupun kanan. Itu sy rasakan hanya pada saat tidur atau baring.

  • Apakah informasi ini bermanfaat untuk anda? Iya atau Tidak

    Terima kasih atas masukan anda.