Tanya Dokter

  • Nyeri di dahi, alis sampai kelopak mata sebelah kiri

  • Hi dokter.. Saya sudah 4 hari menderita sakit kepala di dahi, alis ddan kelopak mata sebelah kiri... rasa sakitnya seperti nyeri berdenyut2 & menusuk, sampai saya tidak mau membuka mata.. anehnya sakitnya hanya muncul di siang hari sekitar jam 10 sampai 3 sore.. Mohon penjelasan ya dok... terima kasih banyak

    Halo,
    Sakit Kepala
     merupakan keluhan yang menyiksa setiap orang yang mengalaminya namun sebenarnya merupakan keluhan yang umum dialami banyak orang

    Berdasarkan penyebab sakit kepala dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu sakit kepala primer dan sakit kepala sekunder.

    Sakit kepala primer disebabkan karena ketegangan struktur otot, sensitivitas saraf terhadap nyeri namun tidak disebabkan oleh penyakit serius. Sakit kepala primer sering dicetuskan oleh gaya hidup yang kurang sehat, ketegangan otot kepala dan leher karena posisi tubuh yang tidak ergonomis saat duduk bekerja, kelelahan fisik. Yang termasuk sakit kepala primer adalah sakit kepala tegang, migrain dan sakit kepala kluster.

    Sakit kepala sekunder, merupakan gejala yang disebabkan oleh penyakit lain, seperti masalah penglihatan, infeksi virus, sinusitis, selesma (infeksi saluran penafasan ringan karena virus), infeksi/nyeri telinga, terlalu sering mengkonsumsi obat pereda nyeri, infeksi gigi, gangguan/penyakit saraf, tumor jinak/ganas otak, gangguan tidur/insomnia dan serangan panik.

    Keluhan sakit kepala yang Anda alami bisa merupakan sakit kepala kluster atau migrain. Kedua jenis sakit kepala ini, bila terjadi kambuhan membutuhkan penanganan menjarangkan kekambuhan selain meredakan intensitas nyeri. Berkonsultasilah langsung dengan Dokter. Dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan medis yang terdiri dari tanya jawab detail mengenai keluhan dan riwayat penyakit yang pernah teman Anda alami. Dokter juga akan melakukan pemeriksaan fisik yang menyeluruh termasuk pemeriksaan neurologis dan bila diperlukan menyarankan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah, EEG (rekam aktivitas otak), tes urine, tes mata.

    Penanganan yang tepat dapat diberikan bila sudah ditentukan diagnosis dan penyebab sakit kepala.

    Keluhan sakit kepala yang didasari kondisi medis yang serius biasanya memilki gejala lain seperti kelemahan tubuh di salah satu sisi , terjadi lebih dari lima kali dalam sebulan, muntah tanpa didahului oleh mual, bicara dan gerak bibir sulit dimengerti, disertai dengan gejala seperti demam, kaku leher, kebingungan dan kejang.

    Selama di rumah, praktekkan tips berikut untuk meredakan dan mencegah sakit kepala :

     

    Baca di sini mengenai Migrain.

    Demikian info yang dapat Kami bagikan, semoga membantu Anda.

    Salam sehat, Dr Caecilia Haryu Aryapti.