Tanya Dokter

  • Nyeri di paha belakang sebelah kiri

  •  Ayu Pusparini
    Anggota
    Hallo, dok. Saya, puspa usia 23thn, ingin bertanya dok tentang keluhan saya. Saya merasakan nyeri di daerah pantat bawah sampe paha belakang sebelah kira kira lebih dari 2minggu. Awalnya saya biarkan, krn dulu juga saya pernah mengalami nyeri seperti itu tapi hanya sebentar alias hilang dengan sendirinya. Tapi nyeri yg saya rasakan belum hilang juga dok. Awalnya nyeri itu bertambah parah kalau saya duduk. Setelah dari duduk lalu berdiri dan dibuat jalan, langsung kaki saya agak jatuh gitu dok, semacam lemas ga bisa tegak dibuat jalan. Jd saya berjalannya agak pincang selama 2minggu tersebut. Tetapi, kalau saya pake tidur tengkurap, pas bangun kaki saya tidak apa apa dok. Tidak nyeri parah seperti yg semula saya rasakan. Jd saya kalau sedang membuka laptop posisi saya adalah tengkurap, saya takut kalau dibuat duduk pas berdiri malah nyerinya parah dok. Nah kemudian, saya tidak tahan dengan nyerinya dok akhirnya saya kasih minum asam mefenamat. Saya baru ingat, obat itu juga pereda nyeri. Saya takut kalau harus ke dokter. Setelah minum obat, nyerinya memang berkurang. Buat jalan cepat pun juga bisa dan tidak pincang lagi. Tetapi besok besoknya nyeri itu masih ada dok. Tp tidak separah semula. Yang mau saya tanyakan, penyebab nyerinya itu kenapa dok? Apa karena kegemukan? Atau bagaimana? Terimakasihūüėä

    Hai,

    Nyeri di paha belakang yang Anda maksud mungkin disebabkan oleh:

    • Ketegangan otot
    • Peradangan sendi, mis. oleh osteoarthritis, rheumatoid arthritis
    • Sciatica -- nyeri terkait gangguan saraf besar di kaki

    Pada kebanyakan kasus, nyeri pada daerah tungkai disebabkan oleh ketegangan otot, yang biasanya berkaitan dengan aktivitas fisik berat. Namun, adanya gejala lemas, dan perbaikan-perburukan seiring perubahan posisi, ada kemungkinan nyeri tersebut berkaitan dengan gangguan saraf. Saraf pada anggota gerak berjalan di dalam tulang belakang, sebelum kemudian keluar masing-masing ke kiri dan kanan untuk mempersarafi otot-otot tubuh. Posisi tertentu dapat meringankan himpitan pada saraf dan mungkin menyebabkan perbaikan gejala.

    Untuk memastikan penyebab keluhan Anda, diperlukan pemeriksaan langsung oleh Dokter / Ahli Saraf (Sp. S). Mungkin diperlukan pemeriksaan foto Roentgen sampai MRI tulang belakang untuk menunjang diagnosis. Setelah penyebabnya jelas, barulah pengobatan yang tepat bisa diberikan.

    Tips berikut mungkin membantu:

    • Hindari mengenakan sepatu hak tinggi
    • Hindari menggunakan tas slempang atau beban pada satu sisi tubuh
    • Perhatikan dan perbaiki posisi duduk Anda

    Sekian, semoga bermanfaat.

    dr. Radius Kusuma