Tanya Dokter

  • Nyeri di payudara

  •  Februari
    Anggota
    Siang dok. Saya berusia 22 tahun. Biasanya selama masa menstruasi saya mengalami nyeri pada payudara sebelah kiri dan akan hilang rasa nyeri nya setelah menstruasi selesai namun sudah sebulan ini nyeri tidak hilang dan agak mengganggu tapi saya tidak menemukan benjolan di payudara kiri saya terkadang payudara yang kanan pun nyeri cuma sangat jarang terjadi. Payudara kiri saya juga lebih besar daripada yang kanan. Kira kira kenapa ya dok?

    Halo Februari......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Kondisi yang Anda alami saat ini dengan keluhan utama berupa timbulnya rasa sakit pada payudara, dimana hal ini yang dalam bahasa medis disebut sebagai Mastalgia, memang paling sering dipicu oleh karena siklus menstruasi.

    Pada umumnya nyeri pada payudara terkait Siklus menstruasi dirasakan tiga hari sebelum menstruasi dan akan membaik setelah menstruasi selesai, meski intensitas rasa nyeri dapat beragam tiap bulannya.

    Selain oleh karena siklus menstruasi, rasa sakit pada payudara juga dapat disebabkan oleh : peradangan pada payudara, benjolan pada payudara yang bersifat jinak, abses === kumpulan nanah di dalam payudara, cedera pada bagian tubuh lain yang dekat dengan payudara, ukuran payudara yang besar, ketidakseimbangan asam lemak.

    Cobalah atasi terlebih dahulu kondisi ini dengan cara :

    • Mengonsumsi obat pada rasa sakit seperti ibuprofen apabila tidak terdapat kontraindikasi terhdap tubuh Anda.
    • Menggunakan Bra yang sesuai dengan besar payudara.
    • Mengurangi makanan yang mengandung lemak.
    • Mengurangi asupan kafein dan berhenti merokok.
    • Kompres air hangat ataupun dingin pada payudara yang terasa sakit.

     

    Jika setelah melakukan cara - cara di atas rasa sakit pada payudara masih saja dirasakan dan semakin memburuk, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter, agar dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut secara langsung, sehingga penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan penyebab pasti yang nantinya diketahui.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    MASTALGIA

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati