Tanya Dokter

  • Nyeri di perut dan cara mengatasinya

  •  dewi septika
    Anggota
    Selamat malam dok,saya menulis ini sambil merasakan sakit yang amat nyeri di bagian perut saya,dan bokong saya.. rasanya duduk dan ngeden ga bisa,krna sakitnya itu luar biasa..buang angin pun gabisa dok,dan rasanya sakit sekli perut saya.. apa dokter tau ini penyebab apa? Saya mau tanya obatnya juga,kira2 ini di beri obat apa.. thanks

    Halo dewi......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Gangguan kesehatan yang Anda alami dengan keluhan utama berupa timbulnya rasa sakit pada perut, dimana dalam bahasa medis disebut sebagai nyeri abdomen, paling sering disebabkan oleh karena gastroenteritis, yaitu Peradangan pada saluran cerna yang disebabkan oleh karena infeksi virus/ bakteri/ jamur/ parasit.

    Akan tetapi selain oleh karena gastroenteritis, kondisi yang Anda alami juga dapat disebabkan oleh : penyakit asam lambung, Peradangan pada usus buntu, batu ginjal, luka yang terdapat pada dinding lambung bagian dalam, Peradangan pada kantong - kantong kecil usus besar, batu empedu, sindrom iritasi usus, dan lain sebagainya.

    Pada dasarnya sakit perut yang hilang kurang dari 24 jam, tidak perlu dikhawatirkan. Akan tetapi apabila sampai saat ini sakit perut masih saja terjadi dan sudah lebih dari 24 jam, maka kami menyarankan untuk segera menemui dokter atau mengunjungi Rumah Sakit agar dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut.

    Beberapa pemeriksaan yang kemungkinan akan dilakukan oleh dokter terkait masalah yang Anda alami, diantaranya meliputi : pemeriksaan fisik khususnya bagian perut, tes darah, tes urin, USG, rontgen, dll., sehingga akhirnya penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan penyebab pasti yang nantinya diketahui.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati