Tanya Dokter

  • nyeri di sekitar mata, kepala, dan leher di sebelah kiri

  • assalamualaikum dok, saya sering  merasakan nyeri di sekitar mata ke kepala bahkan sampai keleher dan pundak. keadaan ini bermula dari saya kelas 3 SMP dulu saya fikir saya kelelahan, jadi setiap pulang sekolah saya langsung tidur, bila saya tidak tidur siang, nyeri nya akan datang kembali dan itu berlangsung hingga saya kelas 3 SMA, penanganannya saya minum obat paramex dan selalu menaikkan dosis hingga 2 kaplet, saya tahu itu tidak baik bagi tubuh saya, jadi saya berhenti minum obat.  Setelah lulus SMA saya tidak pernah merasakan nyeri lagi. sekarang saya kuliah semester 3, dan dalam 2 minggu terakhir ini nyeri nya kembali terasa, efek yang dirasakan masih sama, mata saya sakit hingga ke kepala bahkan leher, membuat mata saya berat, bila beraktivitas nyerinya semakin terasa, tidur malam juga semakin nyeri, padahal saya minum vitamin c untuk menjaga stamina tubuh saya, saya tidak berani untuk minum obat kembali, jadi dok sebenarnya saya sedang mengalami penyakit apa? dan apa penanganan yang tepat untuk gejala saya?

    Hai Anggaraini, salam kenal. Nyeri pada kepala dapat disebabkan oleh banyak faktor. Yang paling sering merupakan nyeri pada kepala yang disebabkan ketegangan pada otot sekitar kepala dan leher. Ada juga nyeri kepala migrain, yang ditandai dengan sakit kepala yang disertai sensasi berdenyut pada salah satu bagian kepala (kanan atau kiri saja). Pada nyeri kepala tipe ini sering kali disertai dengan rasa mual. Dan yang yang jarang terjadi adalah nyeri kepala kelompok. Sakit kepala jenis ini umumnya terjadi pada waktu waktu yang sama setiap harinya, dan hilang timbul. Umumnya disertai nyeri pada daerah sekitar dan belakang mata. Sedangkan untuk penyebabnya sangat banyak, mulai dari:

    • Kelelahan fisik,
    • Masalah psikiatri seperti stress pikiran,
    • Adanya gangguan pada mata, telinga, hidung, tenggorokan, gigi dan sistem pencernaan,
    • Trauma pada kepala,
    • Infeksi,
    • Akibat obat-obatan,
    • Gangguan pembuluh darah,
    • Gangguan pada saraf
    • Tumor
    Pada dasarnya nyeri kepala merupakan tanda yang diberikan tubuh untuk memberitahukan ada sesuatu yang salah dengan tubuhnya. Saran saya dilakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter saraf, sehingga dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang lainnya. Pemeriksaan penunjang seperti laboratorium dan radiologi mungkin dibutuhkan untuk mengetahui penyebabnya. Hal ini bertujuan agar dapat ditemukan sumber masalahnya bukan hanya mengobati gejala. Mengingat pemberian analgesik atau obat pengurang sakit hanya berlaku untuk sementara. Untuk  lebih lengkapnya dapat membaca artikel Sakit Kepala. Semoga jawaban saya dapat bermanfaat. dr. Aditya Pratama