Tanya Dokter

  • Penyebab nyeri perut bagian bawah saat program hamil

  •  Eka Susanti
    Anggota
    Dok, saya eka usia 22th, 3 buln terakhir ini Saya menjalani program hamil, tapi udah 2 Hari ini saya mengalami nyeri di bawah Pusar sebelah kanan, saya yakin ini posisi indung telur saya, kenapa ya Dok ? Saya takut kena penyakit aneh aneh, padahal kmrin waktu dokter kandungan saya cek itu gak ada masalah, saya normal, dan ini Saya udah telat 4 hari, apa Karna indung telur mau luruh tidak bisa dan menyebabkan nyeri ? Atau gimana?? Mohon solusi nya,, terima kasih

    Haloo Sdr Eka Susanti,

    Nyeri perut bagian bawah pada wanita dapat menggambarkan satu/lebih kondisi yang terjadi pada organ/saluran pencernaan, organ genitalia, dan/atau saluran kemih. Beberapa kondisi yang mungkin terjadi, antara lain:

    Nyeri di sekitar perut bagian bawah dapat disebabkan oleh beberapa kondisi antara lain:

    • Radang usus buntu (apendisitis) : nyeri di perut kanan bawah, sering timbul gejala penyerta seperti demam, nyeri saat membungkuk / saat berjalan, mual/muntah, nafsu makan menurun
    • Dismenorea (nyeri perut menjelang/selama menstruasi)
    • Penyakit radang panggul : infeksi pada saluran telur, indung telur, rahim, atau leher rahim yag biasanya ditandai oleh nyeri perut bagian bawah (nyeri panggul) disertai demam, muntah, sakit saat kencing, keputihan abnormal, dll.
    • Infeksi saluran kemih : umumnya nyeri di bawah pusar, disertai nyeri saat kencing dan anyang-anyangan
    • Batu ginjal / batu saluran kemih : bila batu ada di ureter, nyeri umumya bersifat hilang timbul (nyeri kolik)
    • Irritable bowel syndrome/ sindrom iritasi usus : menyerang usus besar, umumnya dijumpai pada kalangan dewasa muda. Manifestasinya dapat berupa kram perut, perut kembung, sembelit atau mencret atau keduanya.

    Kondisi-kondisi yang telah diuraikan di atas dapat menimbulkan nyeri perut kanan bawah. Begitu banyak kemungkinan yang dapat terjadi, maka hal terbaik untuk menegakkan diagnosisnya adalah dengan melakukan pemeriksaan fisik, termasuk pemeriksaan laboratorium bila diperlukan seperti : pemeriksaan air seni (urin), darah lengkap, hingga rontgen. Dengan begitu, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter, karena sulit bagi kami langsung mengetahui atau memperkirakan masalah yang Anda alami terlebih hanya dengan satu gejala saja, yakni nyeri perut kanan bawah. 

    Memang, sindrom premenstruasi juga dapat menimbulkan sensasi kram perut. Pada sindrom ini, umumnya juga ada gejala lain seperti mudah lelah, sakit kepala, payudara tegang, dan perubahan mood (menjadi lebih emosional).

    Perlu Anda waspadai bila nyeri perut bagian kanan bawah tersebut menetap/bertambah berat, disertai gejala demam, mual/muntah. Anda sebaiknya segera mencari pertolongan medis agar dokter dapat segera mengevaluasinya.

    Bila nyeri tidak berat dan tidak disertai gejala lain yang mencurigakan akan suatu kondisi yang serius, coba untuk merelaksasikan tubuh Anda, makanlah makanan lunak terlebih dahulu dan perbanyak air putih. Anda juga dapat meminum obat pereda nyeri seperti paracetamol.

    Demikian informasi yang dapat saya sampaikan,

    terima kasih