Tanya Dokter

  • Nyeri pada dada sebelah kanan

  •  Adilla Gemini
    Anggota
    Slamat siang dokter,mau brtanya,,krg lbih 2hari ini sy ada keluhan nyeri di tl.rusuk kanan dada atas dok,,rasanya tdk nyaman trs bila mnggerakkan anggota bdan sblh kanan atas jd sakit gt,, Knpa ya dok pnyebabnya? Kl seingat sy krena ada salah posisi saat tidur,,tp tkutnya sy ada ssuatu yg srius di tl. rusuk sy tsb..Trimakasih sblmnya dokter..🙏🙏
    Adilla Gemini  dr. Irvandi
    Dokter

    Halo Adila Gemini,

     

    Sensasi nyeri yang dirasakan pada dada sebelah kanan dapat disebabkan karena adanya gangguan pada otot ataupun tulang pada dada atau pada dada kanan, dapat disebabkan karena gangguan pada paru-paru. Beberapa kelainan yang berkaitan dengan nyeri dada di sebelah kanan diantaranya kekakuan pada otot rongga dada, riwayat trauma pada dada sebelah kanan, Costochondritis, peradangan pada payudara (mastitis).

     

    Pada kondisi yang ringan, nyeri dada ini dapat diatasi dengan mengkonsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol atau dengan melakukan kompres dengan air hangat. Namun apabila nyeri dada semakin memberat, tidak membaik lebih dari 3 hari, tidak hilang dengan anti nyeri, disertai dengan sesak atau demam sebaiknya anda melakukan konsultasi dengan dokter untuk melakukan pemeriksaan sehingga dapat diketahui penyebab dari nyeri dada yang anda alami. Apabila diperlukan dapat dilakukan pemeriksaan penunjang berupa pemeriksaan Roentgen atau pemeriksaan darah, atau mammografi untuk mengetahui penyebab dari nyeri dada yang anda alami.

     

    Umumnya nyeri yang dirasakan pada daerah dada tidak berkaitan dengan kesalahan posisi saat tertidur. Kesalahan pada posisi tidur seperti penggunaan bantal yang terlalu tinggi atau posisi tidur yang kurang baik umumnya menyebabkan nyeri pada daerah leher ataupun pinggang. 

     

    Sementara itu, anda disarankan untuk tidak mengkonsumsi obat pereda nyeri secara bebas, menghindari kebiasaan merokok, mengkonsumsi minuman beralkohol. Anda juga disarankan untuk berolahraga dengan rutin serta beristirahat dengan cukup. 

     

    Semoga informasi ini bermanfaat.

     

    Salam,

     

    dr. Irvandi