Tanya Dokter

  • Solusi untuk nyeri ulu hati yang masih terasa

  • Selamat pagi dokter . Dok saya berusia 21th . pada jumat mengalami pusing muntah disertai demam. Saat itu mual dan jika diisi rasanya ingin muntah . Sabtu pagi saya periksa katanya infeksi lambung . Dan sampai saat ini ulu hati saya masih terasa sakit dan ditenggorokan seperti ada yg mengganjal dan bawaannya ingin sendawa terus . Apa Solusinya ya dok?

    terimakasih Sebelumnya

    Hai, Demam merupakan suatu gejala yang terjadi apabila terjadi suatu infeksi pada tubuh. Demam terjadi sebagai bagian dari proses sistem kekebalan tubuh kita yang sedang melawan infeksi, baik infeksi virus, bakteri, maupun parasit. Berikut merupakan beberapa penyebab yang dapat menimbulkan gejala demam dan gangguan pada saluran pencernaan :

    1. gastroenteritis
    2. demam tifoid / tifus
    3. demam berdarah
    4. disentri
    5. batu empedu
    6. penyakit usus buntu
    7. hepatitis
    8. dan lainnya
    Salah satu hal yang menyebabkan ulu hati yang terasa sakit disertai dengan adanya rasa mengganjal pada tenggorokan adalah masalah pada asam lambung, dengan adanya aliran balik dari asam lambung ke kerongkongan. Anda dapat membaca diskusi mengenai keluhan serupa disini : diskusi penyakit asam lambung Jika Anda merasa keluhan yang Anda alami masih terasa meskipun pengobatan telah berjalan tuntas, sebaiknya kembali temui dokter Anda dan konsultasikan kembali kondisi Anda saat ini. Dokter kembali perlu melakukan pemeriksaan fisik, serta melakukan pemeriksaan penunjang yang belum dilakukan seperti tes lab darah, USG, endoskopi, dan lainnya. Solusi untuk keluhan yang Anda alami saat ini tergantung dari penyebab apa yang ditemukan. Berikut merupakan beberapa hal sederhana yang dapat Anda lakukan :
    • makan dengan porsi lebih kecil namun lebih sering
    • jangan langsung berbaring setelah makan
    • berbaring dengan posisi kepala yang agak tinggi
    • hindari konsumsi alkohol, kafein, rokok
    • kurangi makanan pedas, asam, berlemak
    Artikel terkait berikut dapat Anda baca : demam penyakit asam lambung   Semoga membantu, dr. Dian Paramitasari