Tanya Dokter

  • Mengatasi nyeri ulu hati dan biduran yang tak kunjung sembuh

  • Assalamualaikum dokter Selamat pagi dok. Saya mau bertanya dok, saya sudah mengalami nyeri pada ulu hati selama 2 minggu lebih dok, dan nyeri yang paling parah biasanya dimalam hari dok. Selain itu juga setiap hari saya mengalami biduran dok.Tapi biduran ini lebih sering menyerang pada saat pagi, malam hari dan ketika hari hujan dok. Seminggu yang lalu saya sudah berobat mengenai penyakit di ulu hati saya dan biduran saya dok. Dan saya juga sudah diberi obat dok. Tapi hingga sekarang penyakit saya belum kunjung sembuh juga dok. Sebenarnya apa penyebab penyakit saya dok? Terima kasih sebelumnya saya ucapkan dok.

    Halo Novii.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Gangguan kesehatan yang Anda alami berupa rasa sakit pada ulu hati, memang paling sering disebabkan oleh penyakit yang terkait organ lambung, seperti : gastritis === peradangan pada dinding dalam lambung, tukak peptik === luka yang terjadi pada dinding dalam lambung, penyakit asam lambung / GERD, kanker lambung.

    Akan tetapi selain oleh karena penyakit yang telah disebutkan diatas, kondisi rasa sakit pada ulu hati juga dapat disebabkan oleh : sindrom iritasi usus, gangguan kesehatan pada lambung, hepatitis, gangguan pada organ empedu, dan lain sebagainya.

    Sedangkan kondisi biduran yang berkepanjangan dapat disebabkan oleh karena : selalu terpapar hal - hal yang menimbulkan biduran ( seperti : cuaca, makanan atau minuman, obat - obatan, kualitas air yang jelek, dll. ), infeksi kronis, gangguan tiroid, hepatitis, stres psikologis, dan lain sebagainya.

    Oleh karena hal ini sudah sering mengalami kekambuhan, Maka kami menyarankan segeralah menemui dokter spesialis penyakit dalam dan juga dokter spesialis penyakit kulit, agar dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut, sehingga penanganan yang tepat akhirnya dapat diberikan.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati