Tanya Dokter

  • Nyeri dibawah perut sebelah kanan

  •  Ihaamour
    Anggota
    Hi dok.....saya sering mngalami nyeri dibagian bawah perut sebelah kanan & saya jga seringkali merasakan nyeri berlebih saat haid kadang2 sampai keringat dingin(tpi gak setiap bulan rasa nyeri yg amat sangat&sya wanita yg belum menikah)...apakah ada hubungannya rasa nyeri dibagian bawah perut sebelah kanan sama rasa nyeri yg saya alami saat haid?trimakasih

    Halo,

    Terima kasih atas pertanyaanya. Rsa nyeri yang Anda rasakan bisa saja disebabkan oleh kondisi kesehatan yang sama. Sakit perut bagian kanan bawah pada wanita dapat disebabkan oleh:

    Ketika menstruasi, seorang wanita dapat mengalami nyeri perut / nyeri haid atau yang dikenal dengan dismenore. Dismenore yang normal, dikenal juga dengan dismenore primer, memiliki ciri-ciri berikut: mulai muncul beberapa bulan setelah menstruasi pertama pada wanita, berlangsung selama 48-72 jam, terasa seperti kram perut atau seperti akan melahirkan, nyeri perut yang terus menerus pada bagian bawah perut yang menjalar ke pinggang atau paha, dan tidak ditemukan ada kelainan pada pemeriksaan panggul oleh dokter. Dismenore primer disebabkan oleh zat prostaglandin yang diproduksi tubuh yang menyebabkan rahim berkontraksi untuk mencegah perdarahan yang banyak. Biasanya nyeri ini dirasakan pada hari-hari pertama menstruasi ketika kadar zat ini tinggi dan nyeri akan berkurang seiring dengan berkurangnya kadar zat ini.

    Selain dismenore primer, ada juga dismenore sekunder, yaitu dismenore yang disbebabkan oleh adanya gangguan pada organ reproduksi wanita. Ciri-cirinya adalah:

    • dismenore mulai muncul pada umur 20-30 tahun, sebelumnya nyeri ini tidak muncul
    • adanya menstruasi yang banyak atau tidak teratur
    • berkaitan dengan kemandulan
    • tidak mereda dengan obat pereda nyeri
    • berkaitan dengan nyeri ketika berhubungan seksual
    • berkaitan dengan keputihan yang tidak normal

    Beberapa penyebab dismenore sekunder adalah: miom, endometriosis, adenomiosis, dan radang panggul.

    JIka keluhan ini sudah berlangsung berulang kali, jangan ragu untuk segera berkonsultasi dengan dokter. Dokter perlu menanyakan keluhan Anda lebih lanjut dan melakukan pemeriksaan pada Anda untuk mencari penyebabnya. Penanganan selanjutnya tergantung pada penyebabnya. Untuk sementara, jika sakit tidak tertahankan, Anda dapat mencoba minum parasetamol dan/ata melakukan kompres hangat pada bagian yang sakit.

    Semoga informasi ini berguna.

    Dr. Aloisia