Tanya Dokter

  • nyeri di bawah perut tiap buang air kecil

  •  Athun Azzahra
    Anggota

    Slamt Ӎӛľӛӎ. Dok,,,zy mw tnya dok,knpa yah 2 hr blkngan in stiap z buang air kcil ddlm vagina zy trasa gtal dan nyeri,pdahl sblumnya zy tdk prnh mrsakn hal sprti ini,kmudian stelah zy slesai buang air kcil,di bgian bwh prutku Ĵчğå rasanya skit dan nyeri2,bgtu Ĵчğå dgyan pinggul bgian blakng z trasa nyeri2,,kra2 gmn crnya ya dok mngatasi mslah yg zy hdapi ini,,mohon srannya dok,trimkash

    Hai, Nyeri pada saluran kencing pada saat buang air kecil dan adanya nyeri pada perut bawah umumnya disebabkan oleh adanya Infeksi Saluran Kemih (ISK). Saluran kencing wanita berbeda dengan vagina. Saluran kencing / saluran kemih terdiri dari :

    1. ginjal
    2. ureter, saluran antara ginjal dan kandung kemih
    3. kandung kemih
    4. uretra, saluran dari kandung kemih hingga ke luar tubuh
    Secara garis besar ISK dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu :
    • Infeksi saluran kemih bagian bawah - terdiri dari infeksi pada kandung kemih dan uretra. Gejalanya biasanya terdiri dari rasa nyeri saat buang air kecil, rasa ingin buang air kecil terus menerus, tidak nyaman pada perut bagian bawah, nyeri punggung, urin berwarna keruh dan berbau menyengat.
    • Infeksi saluran kemih bagian atas - yaitu infeksi pada ginjal dan ureter. Gejalanya adalah mual, muntah, demam, nyeri pada punggung, pinggang dan selangkangan.
    Untuk memastikan apakah penyebab dari gejala-gejala yang Anda alami merupakan infeksi saluran kemih, makan diperlukan adanya pemeriksaan langsung yang dilakukan oleh dokter. Selain itu diperlukan juga adanya pemeriksaan penunjang medis seperti pemeriksaan laboratorium dari sampel urin Anda. Jika benar penyebabnya adalah ISK maka dokter dapat memberikan obat-obatan yang sesuai. Berikut merupakan hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu mengatasi ISK :
    1. jangan tahan keinginan untuk buang air kecil
    2. pada saat membersihkan diri setelah buang air kecil, sapu / bersihkan dari arah depan ke belakang
    3. banyak minum air putih
    4. ganti pembalut secara rutin pada saat menstruasi
    5. kompres hangat pada daerah yang nyeri
    Info lebih lanjut mengenai infeksi saluran kemih dapat Anda lihat disini : http://www.alodokter.com/infeksi-saluran-kemih   Semoga membantu, Dian Paramitasari, dr.