Tanya Dokter

  • Penanganan untuk nyeri pada leher dengan riwayat otitis media

  •  ferian
    Anggota
    Dokter, leher saya bagian depan seperti bengkak padahal saya raba tidak bengkak.dibagian dalam.dikerongkongan seperti penuh. Riwayat saya kemarin saya menderita OMA setelah ke THT saya lebih baik.tapi masalahnya sekarang obatnya sudah habis lalu nyeri nya kambuh kembali wlaupun sudah tidak ada cairan ditelinga saya. Ditambah masalah kerongkongan yang agak sesak kemudian nyeri di pundak atas. Mohon masukan dokter apa yang sedang terjadi dan penanganan serta pantangan nya Terimakasih

    Ferian yang baik,

    pembengkakan pada leher dapat mengindikasikan masalah yang ringan hingga serius. Pada leher terdapat setidaknya 2 macam kelenjar yakni kelenjar tiroid dan kelenjar getah bening. Kelenjar tiroid terletak persis pada bagian depan tengah, sehingga bila pembengkakan sekiranya terjadi bukan pada bagian tengah, maka pembesaran kelenjar getah bening bisa dicurigai. Selain oleh karena tumor, pembesaran kelenjar getah bening bisa terjadi akibat adanya infeksi baik oleh virus, bakteri, maupun parasit. Penyakit Otitis Media Akut atau OMA sering menjadi salah satu penyebab tersering dari pembengkakan kelenjar getah bening, walaupun pembengkakan leher karena mastoiditis (radang tulang sekitar telinga) juga bisa dipertimbangkan dalam kasus ini.

    Bila disebabkan oleh karena infeksi, umumnya pembengkakan dapat membaik dengan sendirinya apabila infeksi sudah tertangani. Oleh karenanya penting bagi Anda untuk meningkatkan daya tahan tubuh dengan makanan bernutrisi serta beristirahat untuk mempercepat pemulihan. Adapun bila kondisi tak kunjung membaik, maka pemeriksaan lebih lanjut diperlukan untuk mendiagnosis Anda secara pasti. Berikut kami lampirkan artikel mengenai pembengkakan leher. Semoga bermanfaat.

     

    dr. N. K. Arief