Tanya Dokter

  • Mengatasi nyeri gigi berlubang

  •  Herdian Prazz
    Anggota

    malam dok, ini saya mau tanya gigi geraham bawah kanan saya berlubang dan sudah lumayan besar kadang" nyeri sakit, umur saya 17masuk18 dok apakah kalo dicabut masih bisa tumbuh lagi dok??

    Makasih sebelumnya,,

    Herdian Prazz  dr. Devika Y
    Dokter

    Halo Herdian, Selama hidup manusia memiliki 2 jenis gigi yaitu gigi susu dan gigi tetap. Gigi susu adalah gigi sementara yang akan tanggal dan selanjutnya digantikan oleh gigi tetap. Gigi geraham terbagi menjadi geraham depan dan geraham belakang. Pada umumnya gigi geraham depan susu akan tanggal di usia 9-12 tahun. Gigi geraham belakang 1 dan 2 (gigi tetap) mulai tumbuh pada usia 12-13 tahun. Sedangkan gigi geraham belakang 3 (gigi bungsu) mulai tumbuh di usia >17 tahun. Dalam hal ini, sangat jarang ada gigi geraham susu yang masih bertahan hingga usia 17 tahun. Jika gigi geraham Anda dicabut kemungkinan sudah tidak ada gigi lagi yang akan tumbuh menggantikannya. Solusinya adalah dengan pemasangan gigi palsu. Namun hal ini perlu dikonfirmasi dengan pemeriksaan oleh dokter gigi. Pemeriksaan yang dilakukan bisa dengan foto rontgen untuk mengetahui adakah calon anak gigi. Gigi berlubang bisa menyebabkan sakit gigi. Penanganan gigi berlubang bisa dengan obat pereda nyeri, pembersihan gigi, perawatan saluran akar, penambalan, dan pencabutan gigi jika gigi sudah tidak bisa ditambal lagi. Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter gigi secara langsung agar bisa diperiksa kondisi gigi Anda sehingga Anda bisa diberikan penanganan untuk gigi berlubang Anda. Sementara itu Anda sebaiknya menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan:

    • Rajin sikat gigi 2-3x/hari saat pagi dan malam sebelum tidur
    • Gunakan obat kumur dan dental floss bila perlu
    • Biasakan berkumur setelah makan
    • Hindari makanan terlalu manis dan lengket
    • Perbanyak minum air putih
    Berikut informasi yang dapat Anda baca untuk menambah wawasan: Gigi berlubang Sakit gigi Terimakasih dan semoga membantu, dr. Devika Y