Tanya Dokter

  • penyebab nyeri haid yang parah

  • dok.. skrg sya 20 tahun, sktar sthun yg lalu saya mlai mrasa skit bgt saat haid wlapun udh mnum obat skitnya t ga pernah hlang.. sya jg prnah d usg dan kata dokternya rahim saya bgus2 aja.. tpi knpa ya dok bsa sakit bgt gt??

    Hello, Nyeri haid atau yang dikenal sebagai dismenore pada dasarnya disebabkan karena adanya kontraksi dari rahim saat menstruasi dan tingginya satu kandungan kimia dalam darah yang memacu nyeri yang menjadi berlebih. Nyeri haid normalnya akan dirasakan sekitar 2-4 hari. Untuk penanganan nyeri haid, dapat dilakukan :

    1. mengkonsumsi obat-obat penahan rasa sakit seperti paracetamol (http://www.alodokter.com/paracetamol) atau ibuprofen (http://www.alodokter.com/ibuprofen)
    2. mengkompres daerah perut dengan air hangat
    3. mandi air hangat
    4. melakukan olahraga relaksasi seperti yoga dan pilates
    5. menghindari rokok dan minuman beralkohol
    Info lebih lanjut mengenai nyeri haid : http://www.alodokter.com/nyeri-haid/ Jika setelah melakukan penanganan seperti yang disebutkan diatas, namun tidak juga berkurang sebaiknya ada kembali menemui dokter untuk mendeteksi penyakit lain yang dapat menyebabkan nyeri haid yang berlebihan, sseperti :
    1. Endometriosis (adanya jaringan rahim diluar rahim)
    2. Adenomiosis (terkikisnya lapisan rahim)
    3. fibroid (tumor di dalam rahim)
    4. penyakit radang panggul
    5. penyempitan mulut rahim.
    Kondisi-kondisi diatas perlu pemeriksaan tambahan seperti :
    1. pemeriksaan darah
    2. pemeriksaan air kencing
    3. pemeriksaan USG / CT scan / MRI
    4. pemeriksaan laparoskopi
    5. pemeriksaan histeroskopi
    Berikut adalah laman yang membahas mengenai nyeri haid yang tidak tertahankan : http://www.alodokter.com/penyebab-nyeri-haid-yang-tidak-tertahankan Ada pula komunitas yang membahas tentang masalah nyeri haid dalam laman : http://www.alodokter.com/komunitas/topic/nyeri-haid/#post-8232 dan http://www.alodokter.com/komunitas/topic/haid-dan-kb/#post-8240 Semoga dapat bermanfaat. Salam, dr Henry Andrean  

  • Apakah informasi ini bermanfaat untuk anda? Iya atau Tidak

    Terima kasih atas masukan anda.