Tanya Dokter

  • pengaruh nyeri haid pada kesuburan

  •  anonymous
    Anggota

    Dok, hampir setiap menstruasi saya mengalami nyeri di bagian perut. Kadang tidak terlalu sakit jadi masih bisa saya tahan. Tapi kadang rasanya sakiiiit sekali, sampai saya harus minum obat nyeri haid dari bidan "spasminal". jika saya tidak segera minum rasanya mual pusing dan pengen muntah. Stelah saya minum obat nyeri haid rasa sakitnya berkurang, meski sesekali masih terasa sakitnya. Saat haid suhu badan saya juga naik. Tetapi siklus menstruasi saya rutin setiap tanggal 7 ato 8. Apakah di dalam alat reproduksi saya ada kelainan dok, mungkin kista atau apa? Saya sudah menikah dan usia pernikahan saya sekitar 5 bulan. Tapi saya belum juga hamil. Apakah hal itu juga bisa mempengaruhi kehamilan?

    anonymous  anonymous
    Anggota

    Dok.....pliiisss donk d jwb, butuh bantuan bgt nih

    Hello, Nyeri haid merupakan gejala yang umum terjadi pada saat menstruasi. Hal ini terjadi akibat adanya kontraksi pada rahim guna mengeluarkan darah dalam organ tersebut. Selain itu pada saat menstruasi, terjadi pelepasan zat-zat kimia dalam tubuh yang meningkatkan rasa nyeri tersebut dan bahkan dapat menyebabkan demam. Nyeri haid yang berlebihan dapat menunjukkan adanya gangguan dalam system reproduksi, antara lain:

    1. Endometriosis (http://www.alodokter.com/endometriosis/)
    2. Adenomiosis
    3. Penyakit radang panggul
    4. Fibroid Rahim
    5. Stenosis saluran serviks
    6. Penggunaan alat kontrasepsi IUD
    7. dan lainnya
    Penanganan yang diberikan akan bergantung pada penyebabnya. Beberapa penyebab tersebut dapat pula menyebabkan berkurangnya kemungkinan untuk mendapatkan keturunan. Konsultasikan hal tersebut pada dokter yang memeriksa Anda sehingga penyakit tersebut dapat diobati dan kemungkinan untuk mendapatkan keturunan dapat ditingkatkan. Hal-hal yang dapat Anda lakukan dirumah antara lain:
    1. Istirahat yang cukup
    2. Konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks
    3. Konsumsi banyak sayuran dan buah-buahan
    4. Kurangi konsumsi alcohol
    5. Hindari rokok
    6. Olah raga yang teratur
    7. Turunkan berat badan jika berlebihan.
    Berikut adalah laman yang membahas mengenai nyeri haid : http://www.alodokter.com/nyeri-haid http://www.alodokter.com/penyebab-nyeri-haid-yang-tidak-tertahankan Semoga dapat bermanfaat. Salam, dr Henry Andrean