Tanya Dokter

  • Nyeri haid pasca kuret

  •  Layla Mawadah
    Anggota
    Hi dok, ini adalah haid kedua saya psca kuret. Rasanya sangat sakit seperti di sayat dan nyeri perut bagian bawah, dan volume darah yg sangat banyak. Sama seperti haid pertama pasca kuret. Sangat berbeda sebelum saya kuret saya tdk pernah ada keluhan sakit perut ketika haid berlangsung. Apakah normal? Apa ada kemungkinan ada jaringan parut di rahim saya? Bagaimana ciri cirinya selain haid yg menyakitkan?

    Halo Layla.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Sekedar informasi untuk Anda, kuretase merupakan salah satu tindakan yang biasanya dilakukan untuk kasus - kasus keguguran atau adanya sisa Plasenta setelah melahirkan, sering juga dilakukan sebagai upaya diagnosa pendarahan dari vagina yang dicurigai diakibatkan kelainan pada rahim.

    Pada keguguran, Kuratas merupakan salah satu tindakan penting yang berguna untuk mengeluarkan sisa pembuahan yang masih tertinggal di dalam rahim dan untuk menghentikan pendarahan.

    Nyari perut yang menjalar ke pinggang pada saat menstruasi Pasca kuretase dapat  saja terjadi selama hampir kurang lebih tiga bulan. Akan tetapi jika rasa sakit atau nyeri terjadi setelah lebih dari tiga bulan, maka kami menyarankan segera menemui dokter spesialis kebidanan dan kandungan yang telah menangani Anda agar dilakukan serangkain penanganan lebih lanjut.

    Kami tetap menyarankan apabila rasa sakit saat menstruasi maupun pendarahan yang banyak pada saat menstruasi sudah mengganggu aktivitas Anda sehari-hari dan Anda sudah tidak dapat menahannya. Tanpa menunggu sampai dengan tiga bulan, segeralah menemui dokter, agar dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. jati