Tanya Dokter

  • Nyeri haid hingga demam dan mual

  •  Raya
    Anggota

    Assalammualaikum,salam hormat sy kepada dokter yang berdedikasi dalam konsultasi online . Dokter , nama saya Aya,umur saya 21 tahun saat ini . Sejak SMA kelas 1 , haid sy tidak teratur bahkan saya pernah tidak dapat haid dalam 11 bulan . Dimulai tahun 2009 hingga saat ini sy masih berobat . Dalam 1 bulan skali sy wajib check up di dokter obgyn untuk di usg melihat kondisi sy yang tak kunjung sembuh . Sy berobat kemana saja , tapi anehnya tidak terdapat kista di rahim sy , hanya dari banyaknya domter yg sy konsultasi , 60%dqri mereka mengatakan bahwa sy sulit mempunyai ketrunan .

    Saya tidak bisa mendapat haid jika tidak dengan bantuan obat . Akhirnya sy berhenti check up sejak 1 tahun terakhir. Sejak 1 tahun trakhir saya hanya mendapatkan haid 1 x . Saat haid saya datang , suhu tubuh saya menjadi sangat panas, mata merah,pusing,mual ,tidak selera makan , dan terjadi kontraksi ysng sangat sakit ketika darah haid saya keluar . Saya sering menangis dan takut saat haid saya datang . Karna saya sangat sekarat,badan saya seperti orang kejang kejang . Dokter apakah ada dianogsa yang tepat utuk penyakit saya ? Dan apa penanganan yg tepat tanpa harus meminum obat .

    Terimakasih. Salam saya,Nurul.

    Hai Nhsoraya, Menstruasi memang keadaan normal yang harus dialami setiap wanita. Pada umumnya menstruasi akan terjadi selama 3-7 hari dengan siklus 25 sampai 35 hari. Namun, pada keadaan tertentu dapat terjadi menstruasi yang tidak normal dan hal ini dapat disebabkan oleh banyak hal seperti ketidakseimbangan hormonal sampai adanya kelainan di organ reproduksi, Menstruasi yang tidak normal bisa dibagi menjadi:

    1. Menorrhagia yaitu menstruasi dengan volume menstruasi yang sangat banyak
    2. Metrorrhagia yaitu menstruasi dengan frekuensi yang sangat sering
    3. Dysmenorrhea yaitu menstruasi yang disertai dengan rasa nyeri yang hebat
    4. Olygomenorrhea yaitu menstruasi dengan frekuensi yang jarang dan dengan volume yang sedikit
    5. Amenorrhea yaitu menstruasi yang berhenti seperti pada wanita hamil dan menopause
    Dari keluhan yang anda alami, anda mengalami amenorrhea dan dysmenorrhea. Setiap wanita dapat mengalami beberapa gejala saat sebelum dan saat menstruasi terjadi. Namun, keluhan ini akan berbeda-beda pada setiap wanita. Untuk memastikan keluhan yang anda alami sebaiknya anda tetap melakukan konsultasi dengan dokter agar daoat dilakukan pemeriksaan dan pengobatan yang sesuai. Anda dapat melakukan tips-tips di bawah ini:
    • Mengkonsumsi makanan tinggi gisi dan nutrisi
    • Berolahraga secara teratur minimal 3 kali dalam satu minggu
    • Menjaga berat badan tetap dalam berat ideal
    • Jika anda sedang menstruasi sebaiknya anda beristirahat dan hindari melakukan kegiatan fisik yang berat, kompres perut dengan air hangat
    • Konsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol saat nyeri menstruasi sangat mengganggu aktivitas anda
    • Konsultasi secara rutin dengan dokter agar dapat diketahui perkembangan dari organ reproduksi anda
    Anda dapat membaca artikel di bawah ini: Penyebab menstruasi tidak lancar Mewaspadai menstruasi yang tidak normal Semoga membantu dr. Yosephine

    Raya  Raya
    Anggota

    Terimakasih dokter , sudah memberikan saran Saya berhenti konsultasi karenan dokter spesialis mewajibakan saya untuk check up sebulan skali , krn harus di lakukan usg agar bs mengetahui keadaan sy . Saya tidak menyanggupi untuk check up 1 bulan skali krn biayanya tidak sedikt , minimal sy harus membawa uang 300 rb untuk mengambil obat penuh,tidak setengah . Lalu sejak saya berhenti konsultasi , saya sudah mendapatkan haid tanpa bantuan obat sama skali , saya berolahraga penuh selama 3 minggu tanpa henti , awalnya tujuan saya untuk diet tapi saya mendapat haid stelah 4 bulan tidak haid,krn sy berolahraga . Namun dokter yang ingin sy tanyakan saat ini adalah . 2 hari lalu saya haid , darahnya sangat sedikit tidak membasahi penuh pembalut yg saya kenakan , waktu itu masih pagi sekitar jam 8 . Lalu sy menganti pembalut , dan ini audah 2 hari sejak haid sy datang , saya tidak melihat adanya darah lagi pada pembalit sy , padahal haid sy datang tidak sampai 1 hari , hanya titungan jam saja lalu sy tidak haid lagi , namun nyeri perut saya tetap terjadi , saya sangat sakot hingga saya selalu menangis , dan pucat . Dokter apakah ini gejala yang di curigai sebagai kista rahim?