Tanya Dokter

  • nyeri hebat saat haid

  •  Ama Utami
    Anggota

    Assalamu'alaikum dok. Saya umur 22 tahun. Saya punya penyakit radang ginjal. Sebelumnya penyakit saya infeksi saluran kencing terus berkembang menjadi radang ginjal. Kata dokter yang memeriksa saya. Penyakit tersebut ada hubungannya dengan maag kronis yang saya derita. Setiap kali nyeri ginjalnya kambuh. yang saya rasakan sakit seperti ada luka dibagian dalam dan sakitnya itu terasa diperut bagian kiri. Biasanya ginjalnya kambuh kalau saya kecapean. dan karna sakit ginjal ini setiap kali saya mau haid. Seminggu sebelum haid itu sakit ginjal bercampur dengan sakit nyeri haid dan itu sangat hebat sekali sakitnya sampai kadang saya menangis karena saking hebatnya. Apa nyeri haid yang hebat ini juga ada hubungannya dengan radang ginjal yang saya alami? Karena sebelum ada radang ginjal. Saya tidak pernah mangalami nyeri haid yang berlebihan. Mohon untuk penjelasannya terima kasih

    Ama Utami  Ama Utami
    Anggota

    Tolong jawab pertanyaan saya diatas dok

    Hai, Nyeri pada saat menstruasi dalam dunia medis dikenal dengan nama dismenorrhea. Nyeri ini umumnya timbul pada hari-hari awal masa menstruasi. Nyeri yang terasa ini berasal dari adanya kontraksi hebat pada otot-otot dinding rahim sebagai bagian dari proses peluruhan dinding rahim. Ada beberapa hal yang membuat seorang wanita lebih beresiko untuk mengalami nyeri yang hebat pada saat menstruasi, diantaranya :

    • memiliki berat badan yang berlebih
    • belum pernah melahirkan
    • volume haid lebih banyak
    • konsumsi alkohol
    • merokok
    Dismenorrhea dapat terjadi karena beberapa hal, secara garis besar dibeadakan menjadi dismenorrhea primer dan sekunder, yaitu :
    1. Dismenorrhea primer - terjadi murni akibat kontraksi pada dinding rahim. Jenis ini merupakan yang dialami sebagian besar wanita yang pada umumnya mengalami nyeri haid.
    2. Dismenorrhea sekunder - nyeri biasanya terjadi lebih awal dibanding dengan dismenorrhea primer. Terjadi akibat adanya suatu kondisi lain pada organ-organ sistem reproduksi wanita yang lain, yaitu ovarium, tuba falopi, rahim, dan leher rahim. Kondisi yang bisa terjadi diantaranya endometriosis, penyakit radang panggul, pemakaian IUD, dan lainnya.
    Kemungkinan besar penyakit radang ginjal tidak menyebabkan rasa nyeri menstruasi. Namun, untuk mengetahui apa yang menyebabkan kondisi nyeri menstruasi yang Anda alami maka sebaiknya Anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter. Dokter perlu untuk mengetahui lebih lanjut mengenai riwayat keluhan Anda, melakukan pemeriksaan fisik secara langsung, dan melakukan pemeriksaan penunjang seperti tes lab darah dan USG. Terapi yang nantinya diberikan dokter akan bergantung kepada apa yang menyebabkan nyeri yang Anda alami. Berikut merupakan beberapa hal sederhana yang dapat Anda lakukan untuk membantu mengurangi nyeri :
    • mandi air hangat
    • kompres hangat pada daerah nyeri
    • berbaring dengan kaki diangkat
    • pijat
    • konsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas, sesuai petunjuk pemakaian
      Semoga membantu, dr. Dian Paramitasari