Tanya Dokter

  • Nyeri dan kram di perut bagian bawah di luar siklus haid

  • Hallo Dokter, Saya Letinsa umur 20 tahun dan belum menikah.

    saya sering mengalami kram dan sakit perut di bagian bawah (seperti PMS) disertai rasa seperti tertusuk-tusuk. Terkadang sakitnya itu merambat semakin bawah sampai ke area vagina, dan mengeluarkan darah kental berwarna merah kehitaman kadang juga agak seperti daging warnanya pun menyerupai daging. ini terjadi di luar siklus menstruasi, dan terjadi mendadak.

    sedangkan Menstruasi saya juga tidak teratur, dok.

    hari ke-1 sampai ke-3 saya mengeluarkan banyak darah, dalam sehari saya sampe 6x ganti pembalut. Lalu seterusnya hanya sedikit (mungkin satu atau dua tetes, karna hanya ada bekas darah saja).

    sekitar hari ke-8 saya mengeluarkan darah kental berwarna merah kehitaman. sampai sekitar 3-5 hari.

    kira-kira ini gejala apa ya dok? bahaya tidak?

    saya pernah konsultasi ke bidan, katanya hanya akan sembuh setelah saya menikah. lalu saya diberi resep obat pereda saja.

    apakah saya harus konsultasi lagi? tetapi ke dokter ahli kandungan dan melakukan usg?

     

    terima kasih sebelumnya dok

     

    Letinsa Khali Kurdi May 11, 2015 at 11:38 am Hallo Dokter, Saya Letinsa umur 20 tahun dan belum menikah. saya sering mengalami kram dan sakit perut di bagian bawah (seperti PMS) disertai rasa seperti tertusuk-tusuk. Terkadang sakitnya itu merambat semakin bawah sampai ke area vagina, dan mengeluarkan darah kental berwarna merah kehitaman kadang juga agak seperti daging warnanya pun menyerupai daging. ini terjadi di luar siklus menstruasi, dan terjadi mendadak. sedangkan Menstruasi saya juga tidak teratur, dok. hari ke-1 sampai ke-3 saya mengeluarkan banyak darah, dalam sehari saya sampe 6x ganti pembalut. Lalu seterusnya hanya sedikit (mungkin satu atau dua tetes, karna hanya ada bekas darah saja). sekitar hari ke-8 saya mengeluarkan darah kental berwarna merah kehitaman. sampai sekitar 3-5 hari. kira-kira ini gejala apa ya dok? bahaya tidak? saya pernah konsultasi ke bidan, katanya hanya akan sembuh setelah saya menikah. lalu saya diberi resep obat pereda saja. apakah saya harus konsultasi lagi? tetapi ke dokter ahli kandungan dan melakukan usg?   terima kasih sebelumnya dok  
     

    Hai Nyeri kram perut bawah saat menstruasi memang dapat terjadi pada sebagian wanita yang dinamakan dengan dismenore. Ini dapat terjadi dan merupakan hal yang normal, namun nyeri juga dapat disebabkan penyakit seperti:

    • Mioma rahim
    • Endometriosis
    • Kista ovarium
    • Infeksi
    • dan lain-lain
    Menstruasi sangat dipengaruhi oleh hormon wanita yang terdiri dari estrogen dan progesteron. Ketidakseimbangan dari hormon ini kadang mengakibatkan adanya gangguan siklus dan jumlah menstruasi. Namun beberapa penyakit seperti yang telah disebut diatas juga dapat menyebabkan gangguan menstruasi lebih banyak dan juga perdarahan diluar siklus menstruasi. Sebaiknya Anda memeriksakan lagi ke dokter ahli kebidanan dan kandungan agar dilakukan pemeriksaan USG, sehingga mengetahui apakah adanya gangguan di organ kandungan atau merupakan hal yang normal. Mengenai Menstruasi dan gangguannya dapat Anda baca di artikel dibawah ini: Menstruasi Mewaspadai menstruasi yang tidak normal Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william