Tanya Dokter

  • Nyeri, kram, kaku dan kesemutan seluruh badan

  •  cisca
    Anggota

    Dokter saya berumur 41 tahun, beberapa bulan yang lalu saya diagnosa kekurangan vitamin d, kadar 20, normalnya di angka 30. dan saya sudah rutin minum vitamin d, tetapi beberapa minggu belakangan ini nyeri, kram , kaku dan kesemutan di tubuh saya semakin sering frekuensinya dan semakin menganggu aktifitas saya.

    Tangan seperti kaku tidak bertenaga, leher dan pundak kaku, kepala bagian belakang juga kaku dan nyeri termasuk gigi dan rahang saya jadi kaku, lebih sering di bagian tubuh sebelah kiri.

    Untuk keluhan saya tersebut sekiranya penyakit saya mengarah kemana ya?, dan sebaiknya saya konsultasikan ke dokter spesialis apa?

     

    Hai Ciska.. Terimakasih untuk pertanyaan yang diberikan.

    Vitamin D merupakan salah satu vitamin yang dibutuhkan tubuh karena sangat berperan pada pertumbuhan dan perkembangan tulang dan gigi. Juga menjaga kadar kasium dan fosfor dalam tubuh. Bila kekurangan vitamin D dapat mengakibatkan osteomalacia (mineralisasi tulang terganggu sehingga tulang mudah bengkok atau patah). Gejala yang timbul ialah: nyeri pada punggung bawah, panggul, pangkal paha; otot lengan dan paha melemah; otot kaku; kesulitan berdiri dari posisi duduk dan ketika menaiki tangga; dan tulang mudah patah. 

    Kekurangan vitamin D dapat dengan konsumsi suplemen vitamin D dan melalui makanan yang kaya vitamin D. Diantaranya: kuning telur, jamur, salmon, dan udang. Jika keluhan anda tak berkurang anda dapat memeriksakan diri ke dokter spesialis penyakit dalam. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan dapat dilanjutkan dengan pemeriksaan darah dan urin; rontgen tulang, biopsi tulang, dan menilai kepadatan mineral tulang. 

    Yang dapat anda lakukan:

    • Hindari aktivitas yang terlalu berat dan aktivitas yang berisiko jatuh
    • Istirahat bila terasa lelah
    • Makan makanan yang bergizi
    • Berjemur pagi di bawah sinar matahari

    Semoga bermanfaat

    dr. Iriyanti