Tanya Dokter

  • Nyeri lengan atas dengan riawayat jatuh

  • Selamat siang dokter. Saya habis jatuh dari sepeda 3minggu yg lalu,lengan atas waktu itu tdk dapat digerakkan sama sekali,setelah di rongsen hasil tulang baik dan dokter memberikan salep trombophop dan obat natrium diklofenax,sekarang lengan sy sudah bisa digerakkan meski masih ada memar yg mulai memudar,yg ingin sy tanyakan,kenapa lengan atas masih terasa nyeri sekali jika sy melakukan gerakan lencang kanan? Apakah boleh dilakukan pemijatan?

    Selamat Siang Lina,

    Terima kasih atas pertanyaannya.

    Keluhan lengan atas yang masih terasa nyeri sekali, memiliki riwayat jatuh dari sepeda 3 minggu yang lalu yang mengakibatkan lengan tidak dapat digerakkan dan memar tentunya dapat membuat Kamu khawatir. Seharusnya apabila hanya terjadi memar saat jatuh dari sepeda, maka memar akan berangsur menghilang dalam waktu 2-4 minggu. Penaganan memar dapat berupa pemberian kompres dingin (dengan es yang dilapisi handuk), mengistirahatkan lengan, serta bila perlu pemberian obat seperti yang telah diresepkan Dokter. Nyeri pada memar yang tidak kunjung menghilang dalam waktu 3 minggu perlu ditelusuri penyebab dasarnya, oleh karena itu sebaiknya saat ini Kamu kontrol ke Dokter terlebih dahulu ya. Beberapa kemungkinan yang terjadi adalah gangguan pada tendon, gangguan pada sendi. 

    Sebaiknya hindari pemijatan bagian tubuh yang sakit sebelum Kamu memeriksakan ke Dokter dan mengetahui diagnosis keluhan Kamu. Sementara ini Kamu dapat mengompres lengan atas dan membatasi pergerakannya.

    Demikian semoga dapat membantu,

    dr .Annes