Tanya Dokter

  • Nyeri pada buku/pangkal jempol kaki

  •  Mia hernandia
    Anggota
    Dok, sudah tiga hari ini buku jempol kaki kanan saya nyeri tapi hilang timbul, tidak bengkak & demam. Saya mengajar yoga, apa ada kemungkinan cedera? Terima kasih dok.

    Halo Mia Hernanda,

    Profesi sebagai pelatih olahraga termasuk yoga bisa menyebab nyeri hingga gangguan pada struktur yang membentuk jempol, terutama bila melibatkan anggota gerak kaki untuk melakukan gerakan yang berulang-ulang dalam waktu yang lama. Nyeri pada buku jari jempol kaki dapat disebabkan oleh salah satu kondisi berikut:

    Untuk mengetahui apakah anda memiliki salah satu kondisi di atas, disarankan agar anda berkonsultasi langsung dengan dokter mengenai keluhan tersebut, agar dapat diperiksa secara menyeluruh melalui wawancara medis yang lebih detail, pemeriksaan fisik lengkap, dan bila perlu dilakukan pemeriksaan penunjang seperti foto ronsen tulang, cek darah, CT scan, USG sendi, dsb. Penanganan tentunya sesuai dengan hasil temuan diagnosis dokter.

    Sementara ini beberapa anjuran lain yang perlu anda perhatikan: 

    • kurangi penggunaan kaki/jempol yang sedang bengkak untuk aktivitas berat (misalnya bertumpu dengan satu kaki)
    • kompres bagian yang nyeri dengan air hangat
    • Bila nyeri dapat mengkonsumsi parasetamol atau ibuprofen (pastikan tidak ada alergi obat) atau oleskan krim/gel mengandung capsaicin atau natrium diklofenak
    • Konsumsi makanan bergizi dan minum air sesuai kebutuhan harian (±2 liter per hari)

    Semoga informasi ini bermanfaat.

    Salam, dr. Delvira