Tanya Dokter

  • nyeri seperti diikat pada kaki kiri

  • Selamat malam dokter, saya ingin bertanya. Teman saya ada yang mengeluh pada saya kaki kirinya saki. Dia bilang sakitnya seperti diikat dan itu dari atas sampai bawah. Kalau saya perhatikan memang dia kurang mengonsumsi air mineral batas minimal. Dia juga terkadang minum jamu temu temu lawak, dan katanya setelah dia minum itu rasa nyerinya hilang tapi saat tidak mengonsumsi itu rasa nyerinya kambuh lagi. Kira-kira apa solusi untuk teman saya itu ya dok? Terima kasih.

    Emildha Agustina  dr. Lina Saleh
    Dokter

    Selamat malam, Keluhan nyeri pada kaki dapat disebabkan oleh banyak hal, dapat terjadi akibat masalah pada kulit, otot, tulang, syaraf,  pembuluh limfe, pembuluh darah, atau bahkan otak (psikosomatik). Berikut adalah beberapa penyebab umum nyeri pada ekstrimitas bawah  atau kaki :

    • Otot : sprain, strain, contusio, connective tissue disease, dll
    • Tulang : fraktur (patah)
    • Sendi : dislokasi, arthritis (reumatik atau gout), masalah pada ligamen, bursitis, dll.
    • Pembuluh darah :
      • vena :varises, deep vein thrombosis (DVT)
      • arteri : peripheral arterial disease, burgers syndrome, claudiaksio intermittent, Raynold disease,
    • Syaraf : masalah pada lumbal/sakral/panggul seperti HNP, trauma, patah tulang lumbal, peripheral neuropathy, dll
    • Otak : psikosomatik, phantom pain
    Maka dari itu sangat sulit mengetahui apa penyebabnya jika hanya dengan informasi nyeri pada kaki yang terasa diikat. diperlukan data lebih banyak dan lebih spesifik mengenai bagaimana karakteristik nyeri, kapan timbulnya, sudah berapa lama dirasakan, terasa lebih ringan/berat saat apa, gejala lain yang menyertai seperti bengkak, kemerahan, pucat, benjolan, dan lain-lain. Juga diperlukan pemeriksaan fisik dan penunjang untuk menyingkirkan kemungkinan-kemungkinan penyebab dan mengarahakan ke diagnosis yang lebih pasti. Sebaiknya anda menyarankan agar teman anda segera memeriiksakan diri ke dokter agar dapat dicari penyebabnya dan diatasi. Untuk saat ini, jika nyeri terasa mengganggu, dapat meminum obat-obat anti nyeri mulai dari paracetamol atau asam mefenamat, atau yang efek nya lebih kuat seperti piracetam/meloxitam bahkan hingga tramadol untuk mengurangi nyeri yang dirasakan, namun tentunya diperlukan pengawasan dokter dalam mengkonsumsi obat-obatan tersebut, terutama untuk jangka lama, karena obat-obat anti nyeri memiliki efek samping kuat ke saluran pencernaan dan efek samping lainnya. Selain itu dapat dilakukan kompres kaki dengan air hangat, dan menghindari faktor pencetus atau pemberat nyeri. Sekian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.