Tanya Dokter

  • tetap nyeri lutut walau sudah berobat

  • hallo dok..mau nanya ni ayah saya lutut'nya sakit sekali..padahal sdh di obati, disuntik tapi setelah beberapa hari..rasa nyeri pada lutut'nya kambuh lagi..tidak bisa bergerak..mau diluruskan dan di bengkokan terasa nyeri sekali.. untuk penanganannya ayah saya gimana dok ..

    Hai,   Pemeriksaan yang seksama akan lutut ayah Anda oleh dokter ortopedi akan sangat membantu penegakkan diagnosa dari keluhan ayah Anda. Ditambah beberapa pemeriksaan yang diperlukan seperti X-Ray lutut, CT SCAN dan MRI mungkin bisa membantu menegakkan diagnosa penyakit ayah Anda secara lebih jelas sehingga penanganan bisa diberikan seoptimal mungkin. Kejelasan anamnesa / pengambilan riwayat penyakit juga diperlukan. Misalnya berapa umur ayah Anda? Pekerjaan ayah Anda? Adakah riwayat trauma sebelumnya pada lutut yg sakit? Seperti apa rasa nyerinya? adakah pembengkakan pada daerah yang terasa nyeri? dan lain lain. Adapun kemungkinan penyebab nyeri pada lutut ayah Anda mungkin disebabkan karena :

    1. Pseudogout
    2. Rematoid artritis
    3. Osteoartritis
    4. Fraktur
    5. Obesitas
    6. Ankylosing spondilitis
    7. Trauma  / cedera lutut
    8. Tendinitis
    9. Bursitis
    10. Chondromalacia patella
    11. Radang lapisan meniscus
    12. dll
    Untuk menghilangkan keluhan maka perlu diketahui terlebih dulu penyebab dari keluhan Ayah Anda. Dengan pemeriksaan fisik seksama oleh dokter ortopedi maka hal ini bisa dilakukan. Penanganan akan disesuaikan dengan penyebab nyeri ayah Anda. Sementara itu Anda bisa melakukan beberapa perawatan untuk mengurangi nyeri antara lain :
    1. Mengompres dingin lutut.
    2. Gunakan Verband khusus untuk menyangga lutut
    3. minum obat pereda nyeri seperti paracetamol / ibuprofen.
    4. Mengoleskan krim khusus pereda nyeri yang dijual di pasaran.
    5. fisioterapi
    6. menurunkan berat badan jika berat Anda berlebih.
    Semoga membantu.   dr. Yusi   dr. Yusi

    Wilson Gisen Ruaw  Tyo Sudyoko
    Anggota

    Siang dok.saya mau tanya setelah melahirkn dpt 2 bln sya bru Kb trus dpt 1 mnggu kb syu bru mlkukn hbngn suami istri tpi sesudah 1 hri sya lngsung kluar darah tdk brhnti"smpe skrng pun msh berdarah dn terasa sakit kemaluan saya stlh mklukan hbngn suami istri.kira2itu knp ia dok