Tanya Dokter

  • Penyebab nyeri pada pangkal paha kanan

  •  Gendhuk
    Anggota

    Halo dok. Nama saya Gendhuk, umur saya 14 tahun.

    Saya mau tanya dok, pangkal paha saya tiba tiba nyeri saat berjalan, tapi yang kanan saja. Nyerinya baru terasa satu hari yang lalu. Kalau saya mau berdiri dan berjalan rasanya nyeri sekali. Itu kenapa ya dok? penyebabnya karena apa? Dan cara pengobatannya bagaimana dok? Terimakasih dok, selamat malam. 

    Halo Gendhuk,

    Pada lipat paha terdapat beberapa struktur seperti kulit, otot, tulang, sendi, saraf, ligamen, tendo. Adanya gangguan atau cedera pada salah satu struktur tersebut dapat berakibat nyeri di lipat paha. Saat Anda beraktivitas, otot, tendon, ligamen dapat tertarik. Hal ini dapat terjadi jika Anda tidak melakukan pemanasan sebelum berolahraga, beraktivitas terlalu berat hingga cedera.

    Daerah lipat paha merupakan lokasi yang sering mengalami hernia (penurunan organ dalam tubuh-misalnya usus, melalui titik lemah di lipat paha) sehingga terjadi penonjolan di lipat paha yang nyeri (disebut hernia inguinalis). Kemungkinan penyebab lainnya adalah peradangan pada testis, epididimis dan batu ginjal.

    Sebagai pencegahan, berikut anjuran kami:

    • lakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum olahraga
    • tingkatkan intensitas olahraga secara bertahap, hindari olahraga langsung berat
    • konsumsi obat pereda nyeri jika nyeri mengganggu

    Anda juga dapat mengunjungi dokter untuk memastikan penyebab keluhan Anda dan mendapat pengobatan. Jika Anda menjumpai adanya benjolan di lipat paha, Anda dapat langsung mengunjungi dokter spesialis bedah.

    Artikel terkait: Nyeri otot

    Diskusi nyeri pangkal paha

    Semoga membantu ya,

    dr.Mira