Tanya Dokter

  • penjelasan tentang USG payudara

  •  Ulfaturrohmi
    Anggota
    Hallo dok.. sy ulfa umur 20thn, sy mau bertanya dok, hari ini sy sudah USG payudara dan hasilnya mengatakan "tampak nodulmnsolid batas tepi irreguler pada area jam 2-3 dngan ukuran sekian cm pada CDUStak tampak peningktan vaskuler.. Itu mksudnya apa ya dok.. tolong berikan penjelasan dan berikan solusi makan apa saja yg dilarang.. trimkasi

    Halo Ulfa,

    Dari hasil USG yang Anda jabarkan didapatkan:

    Nodul solid dengan batas irreguler artinya ditemukan benjolan berupa jaringan padat dengan tepi yang tidak teratur yang ditemukan pada area sisi kiri atas dari payudara. Pada pemeriksaan CDU (Color Doppler Ultrasound) atau pemeriksaan USG dengan kontras tidak ditemukan adanya peningkatan vaskularisasi/pembuluh darah pada benjolan.

    Salah satu ciri dari tumor ganas adalah benjolan tidak berbatas tegas, tidak bisa digerakan bebas karena menyatu dengan jaringan payudara sehat, dan terdapat peningkatan vaskularisasi/pembuluh darah didalam jaringan tumor. Sedangkan tumor jinak umumnya dapat memiliki konsistensi padat atau kistik (lunak berisi air), batas tegas dan bentuk reguler karena biasanya memiliki kapsul/pembungkus, hal ini menyebabkan mudah digerakan, dan vaskularisasi/pembuluh darah tidak ditemukan peningkatan.

    Hasil USG Anda menunjukan tidak ada peningkatan vaskularisasi/pembuluh darah tetapi didapat batas yang irreguler. Hal ini kemungkinan menunjukan bahwa benjolan yang Anda alami dapat merupakan suatu tumor jinak.Tetapi, sebaiknya dilakukan pemeriksaan Biopsi dengan mengambil sedikit bagian tumor untuk diperiksa histopatologisnya. Sehingga dapat dipastikan jenis jaringan pembentuk tumor, apakah termasuk suatu keganasan atau tidak.

    Apabila tidak termasuk keganasak, maka hanya diperlukan operasi pengangkatan tumor untuk terapi. Tetapi, jika ada kecurigaan keganasan maka penanganan akan sangat tergantung dari stadium keganasannya.

    Tumor pada payudara sebenarnya masih belum diketahui penyebab pastinya, tetapi diduga kuat akibat ketidakseimbangan hormon, terutama hormon kandungan. Untuk upaya pencegahan disarankan untuk menjalani pola hidup sehat, seperti:

    Istirahat cukup 7-8 jam sehari.

    Konsumsi makanan gizi seimbang

    Hindari stress psikologis ataupun fisik

    Minum air putih cukup sekitar 2 liter sehari

    Hindari  makanan yang dibakar, junkfood, makanan instant, makanan olahan yang mengandung pengawet, pemanis buatan, dll

    Perbanyak konsumsi sayur dan buah

    Rutin berolehraga

    Menjaga berat badan ideal.

    Informasi tambahan dapat Anda akses Benjolan payudara belum tentu kanker

    Semoga dapat membantu.

    Ulfaturrohmi  Ulfaturrohmi
    Anggota
    Trimaksih atas jawabannya buk dokter :) tapi adakah cara lain untuk menghilangkan tumor selain cara operasi? 1 thn yg lalu sy sudah menjalani operasi dan sudah di angkat 2 benjolan namun sekang tumbuh lagi.. Tumbuhnya karna faktor makanan kah?

    Halo Ulfa, apakah setelah operasi jaringan yang diangkat dilakukan pemeriksaan histopatologis untuk mengetahui jenis tumornya? Hal ini penting untuk penanganan selanjutnya post operasi apalagi jika benjolan dirasa muncul kembali setelah operasi.

    Apabila benjolan merupakan tumor jinak fibroadenoma atau sering disebut FAM, maka memang pada sebagian kecil kasus dapat tumbuh kembali setelah dilakukan operasi. Makanan tertentu tidak ada kaitannya dengan kejadian FAM. Karena tumbuhnya FAM diduga akibat respon abnormal tubuh wanita terhadap tingginya kadar hormon estrogen. Pada FAM yang tidak mengangganggu dan ukurannya masih kecil dokter biasanya akan menyarankan tidak dilakukan operasi. Karena pada beberapa kasus didapatkan ukuran FAM dapat mengecil bahkan ada yang dilaporkan menghilang meski tanpa terapi.

    Diskusikanlah dengan dokter Anda mengenai kepastian diagnosis penyakit Anda dan penanganan yang sesuai berdasarkan diagnosis.

    Diskusi tentang topik serupa dapat Anda akses disini. Terimakasih.