Tanya Dokter

  • nyeri di telinga sebelah kiri bagian dalam

  •  Rusviera
    Anggota

    Dear Dokter,

    Pagi ini saya terbangun dengan kondisi telinga bagian dalam yang nyeri. Seingat saya, saya tidak melakukan tindakan yang bisa menyakiti telinga pada malam sebelum saya tidur. Saya tidur cukup larut malam sekitar pukul 11.30 PM dan terbangun di pukul 03.00 AM. Nyeri ini terasa ketika saya menekan telinga bagian dalam. Namun sakit ini hanya terjadi di telinga kiri saya, sementara telinga kanan saya baik-baik saja. Sepanjang perjalanan ke kantor, saya tidur. Saat bangun tidur ini, nyerinya sedikit reda tidak separah waktu saya bangun tidur pagi, namun masih terasa hingga sekarang. Kira-kira apa penyebabnya ya Dok?

    Terima kasih.

    Halo Rusviera....... Terimakasih atas pertanyaan Anda. Perlu Anda ketahui sebelumnya bahwa kondisi yang Anda alami dengan keluhan utama berupa rasa sakit pada telinga paling banyak disebabkan oleh karena adanya  infeksi pada telinga. Infeksi telinga sendiri biasanya terjadi pada telinga bagian tengah. Infeksi telinga tengah disebabkan ketika saluran eustachius telinga menjadi tertutup atau bengkak akibat dari penumpukan cairan pada telinga tengah. Penyumbatan yang terjadi pada telinga bagian tengah dapat disebabkan oleh : penyakit flu, faktor alergi, kebiasaan merokok, infeksi pada sinus / sinusitis, adanya lendir berlebihan, dll. Selain dari infeksi pada telinga, kondisi yang Anda alami juga dapat disebabkan oleh karena :

    • Tinnitus
    • Penyakit Meniere
    • Barotrauma telinga
    • dll.
    Jika kondisi yang Anda alami sampai saat ini masih saja terjadi, maka kami sangat menyarankan kepada Anda untuk segera menemui Dokter Spesialis THT agar dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut. Dokter kemungkinan akan melakukan beberapa macam pemeriksaan, yang meliputi : pemeriksaan fisik === khususnya pada bagian telinga yang sakit, pemeriksaan otoskopi, dll. Sehingga penyebab pasti dari timbulnya keadaan ini diketahui dan akhirnya penanganan yang tepat dapat diberikan. Klik artikel di bawah ini untuk lebih jelasnya : SAKIT PADA TELINGA Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. Salam, Dr. Jati