Tanya Dokter

  • Nyeri pada bekas operasi usus buntu

  •  July Hou
    Anggota

    malam dok, saya july saya mau tanya ni dok.. 3bulan yang lalu kan saya operasi usus buntu.. hbs di perbolehkan sama dokter 3mggnya ada keluar nana tpi gak gitu banyak, itu bahaya gak dok? hbs itu sampai sekarang tempat operasinya kok sering nyeri dan sakit.. bsa kasih solusi gak dok?

    Hai July, Nyeri perut yang terjadi bisa dibagi menjadi 2 jenis, yaitu:

      Nyeri kolik dimana nyeri terasa seperti dipelintir atau diperas. Nyeri di perut kanan bawah dapat disebabkan oleh kolik kolon yang diakibatkan oleh terjadinya sumbatan pada usus besar bagian bawah atau dapat juga diakibatkan oleh kolik ureter yang dapat diakibatkan oleh batu di saluran kencing (ureter).Nyeri radang dimana nyeri yang terasa adalah seperti ditusuk-tusuk dan nyeri terasa terus menerus. Nyeri radang disebabkan oleh infeksi yang terjadi di satu bagian tubuh manusia. Nyeri radang yang sering terjadi pada perut kanan bawah adalah akibat radang pada usus buntu, dan infeksi di bagian organ reproduksi wanita. Nyeri radang biasanya disertai oleh gejala-gejala radang lainnya seperti nyeri, panas,kemerahan pada tempat peradangan, mual dan muntah.
    Setiap bagian yang pernah mengalami luka pada bagian tubuh kita tidak menutup kemungkinan untuk terjadinya infeksi/radang. Infeksi atau radang tersebut dapat diakibatkan oleh bakteri, virus atau jamur. Begitu pula dengan bekas operasi usus buntu juga bisa mengalami peradangan. Pada umumnya luka bekas operasi usus buntu akan sembuh 4-6 minggu sejak awal operasi namun dalam perjalanan penyembuhan, luka tersebut dapat mengalai radang atau infeksi. Hal ini bisa diakibatkan oleh bekas luka yang tidak steril, bekas luka basah sehingga membuat luka tidak kering dan mudah terinfeksi, dll. Jika bekas luka anda mengalami radang sampai ada nanah sebaiknya anda segera mengunjungi dokter anda agar dilakukan pemeriksaan terhdap bekas luka operasi usus buntu anda. Karena harus dilakukan pembersihan agar tidak terjadi komplikasi yang lebih serius seperti infeksi yang akan menyebar ke organ bagian dalam perut anda. Tidak menutup kemungkinan bahwa jahitan operasi harus dibuka kembali jika radang sudah semakin memburuk. Namun untuk lebih jelasnya, anda dapat menanyakan langsung terhadap dokter yang akan memeriksa luka operasi anda. Tips-tips yang dapat anda lakukan adalah sebagai berikut:
    • Mengompres luka usus buntu anda dengan duk yang sudah dibashi air panas
    • Jika nyeri sangat mengganggu anda dapt mengkonsumsi obat pereda nyeri yang dijual di pasaran seperti paracetamol
    • Konsumsi air putih minimal 2 liter dalam satu hari atau minimal 8-10 gelas dalam satu hari
    • Hindari memegang-megang bagian yang sakit karena dapat memperburuk infeksi yang terjadi
    Anda dapat membaca diskusi dan artikel di bawah ini: Usus buntu Luka bekas operasi usus buntu sakit Semoga membantu dr.Yosephine U L Simanungkalit

    July Hou  July Hou
    Anggota

    Oke thx ya dok... hehe.. dok, saya mau tanya lagi nii da 1bulan sya tidak datang haid?? penyebabnya kenapa ya dok?