Tanya Dokter

  • Penyebab nyeri pada bagian tubuh tak kunjung hilang

  • Assalamualaikum dokter. Saya Rani, mahasiswi berusia 20 tahun. Sejak kecil saya seringkali mengalami nyeri pada tulang di tangan (antara siku dan telapak tangan dekat siku) dan kaki (dr lutut ke bawah). Bahkan saat malam hari, rasa nyeri tersebut semakin perih. Saat kecil, orangtua saya mengira saya hanya pegal biasa, namun yg saya rasakan berbeda dengan pegal. Tulang saya terasa nyeri seperti tertusuk. Hal itu bermula sejak saya berusia +/- 10 tahun. Sekarang, badan saya terasa semakin melemah dan gampang nyeri serta pegal dokter. Padahal saya cukup sehat dan mampu mengangkat beban berat. Kini, hanya berjalan sekeliling pasar saja, senja hingga malam, tulang saya perih dibuatnya. Bahkan menjalar ke tangan di arah yg sama dengan kaki saya. Akhir-akhir ini, saya tidak melakukan banyak kegiatan melelahkan, selain berkuliah 5 hari dalam seminggu. Namun, setiap punggung saya tegak lebih dr 30 menit, baik itu duduk ataupun berdiri, tulang punggung saya terasa nyeri dan ketika saya berbaring, perih pada punggung saya semakin menjadi-jadi. Apakah nyeri yg saya rasakan baru-baru ini berhubungan dengan nyeri yg sudah saya rasakan sejak kecil dok? Lalu, apa yg saya harus lakukan dok? Jika ke rumah sakit, apakah saya harus ke dokter spesialis atau hanya ke dokter umum saja? Saya sungguh khawatir dengan nyeri yang semakin perih ini dok.

    Terima kasih Mifthahul Chairani atas pertanyaannya di forum Alodokter, nyeri pada bagian tubuh dapat disebabkan oleh berbagai macam kondisi diantaranya seperti:
    - thalassemia
    - fibromyalgia
    - gangguan darah lainnya
    - chikungunya
    - gangguan sistem kekebalan tubuh
    - kanker tulang
    - infeksi tulang

    Thalassemia merupakan kondisi kelainan darah yang disebabkan oleh faktor genetika yang menyebabkan protein di dalam sel darah merah (hemoglobin) tidak berfungsi secara normal. Dimana pada keadaan ini dapat timbul gejala berupa:
    - badan lemas
    - pucat
    - dapat sesak nafas
    - berat badan rendah
    - susah tidur
    - dapat disertai nyeri

    Nyeri pada thalassemia ini memang bukan menjadi pertanda utama, namun hal ini dapat terjadi. Dimana nyeri pada keadaan ini umumnya timbul pada daerah punggung bawah, diikuti pada kaki, kepala, punggung bagian tengah, pinggul, punggung bagian atas, lengan, perut, dan dada. Jadi pada kondisi ini hampir dapat menimbulkan nyeri pada seluruh bagian tubuh. Selain itu, thalassemia merupakan penyakit dari bawaan sehingga umumnya gejala nyeri yang dirasakan dapat terasa sejak kecil, yang dapat semakin memberat seiring dengan pertambahan usia. Walaupun demikian nyeri pada pada bagian tubuh dapat disebabkan oleh berbagai macam kondisi yang harus dipastikan terlebih dahulu penyebabnya. Oleh sebab itu, sebaiknya Saudari dapat berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter spesialis dalam guna memastikan kondisi yang dialami Saudari saat ini.

    Berikut terdapat artikel seputar thalassemia dan fibromyalgia

    Sekian dari saya, semoga dapat membantu
    dr. Christian Chandra