Tanya Dokter

  • Penyebab nyeri panggul

  •  Lili fazriah
    Anggota
    Dok nama saya lili umur saya 22 tahun, saya mau nanya dok perut saya terasa nyeri seperti ditusuk tusuk bahkan nyerinya itu sampai panggul sampai paha kaki kanan. Itu penyebabnya apa ya dok? Dan bgaimana cara mengobatinya? Terima kasih.

    Halo Lili, terima kasih telah bertanya pada alodokter.com

     

    Perlu diperjelas, apakah nyeri yang anda rasakan bersifat terus menerus atau hilang timbul? apakah yang mencetuskan munculnya keluhan nyeri anda? apakah keluhan anda disertai keluhan lain seperti demam, dsb? apakah sudah anda obati? apalah anda telah aktif berhubungan seksual?

     

    Umumnya keluhan nyeri panggul ada banyak sekali penyebabnya. Nyeri panggul dapat dibedakan menjadi dua, yaitu :

    1. nyeri panggul akut. Sifatnya mendadak, dan sering disebabkan oleh kehamilan di luar rahim, nyari saat menstruasi, radang panggul, pertumbuhan jaringan di sekitar rahim (contoh : kista)
    2. nyeri panggul kronis. Nyeri telah dirasakan dalam waktu yang lama. Penyebab tersering antara lain : gangguan otot atau tulang, infeksi pd kandung kemih,dispereunia (nyeri setelah berhubungan seksual, atau setelah memasukkan apapun ke dalam vagina).

    Untuk memastikan penyebab nyeri panggul, dokter akan mengajukan beberapa pertanyaan terkait keluhan anda, melakukan oemeriksaan fisik dengan seksama, serta melakukan pemeriksaan penunjang tergantung kemungkinan dugaan penyakit anda. Pemeriksaan penunjang yang sering dilakukan antara lain, tes darah, tes urin, tes cairan vagina, USG, tes kepadatan tulang dsb.

     

    Jika tidak ditemukan penyebab spesifik atas keluhan anda, dokter akan memberikan obat pereda nyeri serta anti radang.  Pada kasus tertentu, solusi dari nyeripanggul adalah tindakan operasi.

    Sehingga anda sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter untuk diperiksa secara langsung dan mendapat tata laksana yang sesuai.

     

    demikian jawaban dari saya, semoga bermanfaat ya

     

    dr.Deasy Larasandi