Tanya Dokter

  • Nyeri pasca oprasi usus buntu

  • Salam dok..

    Saya pria umur 33th, sktr 5bln yg lalu habis oprasi usus buntu dengan metode laparaskopi.

    Tetapi akhir akhir ini pada perut bagian kanan bawah, sering nyeri dan ada terasa "ngganjal". Kira" nyeri tsb disebabkan apa ya? Apa ada hubungannya kebiasaan saya yg suka makan pedas & kopi?

    Mohon jawabannya ya dok

    Hai, Kebiasaan makan pedas dan kopi umumnya menyebabkan gejala sakit maag/gastritis dan tidak berlanjut hingga ke usus. Adapun nyeri perut kanan bawah Anda bisa saja berkaitan dengan operasi usus buntu sebelumnya, atau bisa juga merupakan kondisi baru yang tidak berkaitan dengan usus buntu, misalnya:

    Menentukan penyebab gejala-gejala perut membutuhkan usaha yang tidak sedikit. Diperlukan penggalian riwayat dan pemeriksaan yang cermat untuk menentukan akar permasalahannya. Anda juga mungkin memerlukan pemeriksaan tambahan berupa USG atau CT-Scan perut (biasa dengan zat kontras yang disuntik dan/atau diminum). Akan lebih baik jika Anda kembali memeriksakan diri ke Dokter Bedah yang melakukan pembedahan atas diri Anda sebelumnya, namun bila berhalangan, Dokter / Spesialis Bedah (Sp. B) lain juga bisa membantu Anda. Berikut tips untuk Anda:
    • Hindari aktivitas fisik berat seperti mengangkat beban sampai penyebab masalah sudah jelas, dikhawatirkan penyebabnya adalah hernia, yang bisa diperberat oleh aktivitas tersebut
    • Kebiasaan makan pedas dan kopi dapat menyebabkan gangguan lambung, sebaiknya dikurangi / dibatasi
    • Asupan buah dan sayuran dapat menunjang kesehatan usus dan sebaiknya diperbanyak
    Sekian, semoga bermanfaat. dr. Radius Kusuma