Tanya Dokter

  • nyeri payudara setelah berhenti suntik KB

  • hallo dok,ini ibu saya berumur 47 tahun waktu itu ibu saya KB suntik lamanya 6tahun , setelah ibu saya berhenti KB suntik payudara ibu saya langsung nyeri dan sakit itu kenapa bisa begitu ya dok apa sangat berbahaya bagi kesehatan ibu saya,kalaupun obat tradisional bisa membantu menyembuhkan obat apa itu dok? dan berapa lama efek samping (nyeri) dr berhentinya suntik KB ibu saya.Terimakasih

    Hai Dorynda,

    Keluhan nyeri pada payudara yang dialami oleh ibu Anda dapat berkaitan maupun tidak dengan penghentian KB suntik yang terjadi sebelumnya. Setelah penghentian KB suntik memang dapat terjadi perubahan keseimbangan hormonal di dalam tubuh, sehingga hal ini dapat saja memicu timbulnya nyeri payudara. Umumnya diperlukan waktu 3-6 bulan hingga siklus hormonal kembali normal, namun pada kasus tertentu dapat dibutuhkan waktu yang lebih panjang hingga 1 tahun.

    Namun demikian, nyeri payudara dapat pula timbul akibat faktor penyebab yang lain seperti:

    - Menjelang menstruasi                                
    - Ketidakseimbangan asam lemak                            
    - Ukuran payudara yang besar                              
    - Cedera otot sekitar dada                                    
    Benjolan pada payudara                                  
    - Masititis (peradangan jaringan payudara)                                 
    - Abses payudara (terbentuk kumpulan nanah di bawah payudara)          
    - dan sebagainya

    Sebagai penanganan awal untuk mengurangi nyeri yang timbul ibu Anda dapat mengonsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol. Kompres hangat/dingin dapat pula membantu mengurangi nyeri payudara.

    Namun apabila keluhan tidak kunjung membaik maka ibu Anda sebaiknya dapat berkonsultasi dengan dengan dokter agar penyebabnya dapat ditelusuri lebih lanjut. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik (dengan pengamatan langsung dan perabaan) serta tes penunjang jika diperlukan (seperti USG, mammogram dan sebagainya) untuk menganalisis penyebabnya sehingga penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan kondisi dasarnya.

    Berikut ini anjuran bagi ibu Anda:

    - Kenakan bra dengan ukuran yang sesuai (tidak terlalu ketat atau terlalu longgar) sehingga dapat menyangga payudara dengan baik                         
    - Batasi asupan kafein dan makanan yang mengandung lemak jenuh               
    - Hindari merokok                       
    - Hindari mengurut payudara yang sakit

    Informasi berikut ini dapat berguna:

    Penyebab nyeri pada payudara

    Demikian semoga bermanfaat.

    dr. Muliani Sukiman