Tanya Dokter

  • nyeri payudara sehabis KB suntik dan cara mengatasinya

  • hallo dok,ini ibu saya berumur 47 tahun waktu itu ibu saya KB suntik lamanya 6tahun , setelah ibu saya berhenti KB suntik payudara ibu saya langsung nyeri dan sakit itu kenapa bisa begitu ya dok apa sangat berbahaya bagi kesehatan ibu saya,kalaupun obat tradisional bisa membantu menyembuhkan obat apa itu dok? dan berapa lama efek samping (nyeri) dr berhentinya suntik KB ibu saya.Terimakasih

    Hai,

    Berhenti dari KB suntik tidak semestinya menyebabkan nyeri pada payudara. Sebetulnya, salah satu efek samping KB suntik sendiri ialah rasa tak nyaman pada payudara, sehingga seharusnya apabila KB suntik dihentikan, rasa tak nyaman tersebut juga semestinya berkurang.

    Nyeri pada payudara sendiri bisa disebabkan oleh

    - gejolak hormon menjelang menopause

    - riwayat cedera pada payudara

    - benjolan di payudara, mis. fibroadenoma, gangguan fibrokistik

    - abses / proses pernanahan

    - mastitis

    - pada kasus yang jarang, kanker payudara

    Untuk memastikan penyebab nyeri pada payudara tersebut, diperlukan pemeriksaan langsung oleh Dokter / Ahli Bedah (Sp. B). Mungkin diperlukan pemeriksaan mammografi, USG hingga pemeriksaan biopsi untuk menunjang diagnosis. Setelah penyebabnya jelas, barulah penanganan yang tepat bisa diberikan.

    Tips berikut mungkin membantu:

    - kenakan bra dengan ukuran yang sesuai

    - kompres hangat dapat membantu meredakan nyeri

    - minum parasetamol untuk membantu mengurangi nyeri

    - lakukan SADARI setiap bulan sebagai bentuk kewaspadaan terhadap kanker payudara

    Sekian, semoga bermanfaat.

    dr. Radius Kusuma