Tanya Dokter

  • nyeri perut yang parah saat haid setelah caesar

  •  Dinar Isfa
    Anggota

    Dok.. 3 bulan yg lalu saya operasi caesar anak kedua.. setelah nifas kurang dari 2 minggu saya haid meskipun cuma flek sedikit. Saya asi eksklusif. Nah saya sekarang lg haid hari ke3. Hari pertama flek kecoklatan. Hari kedua darah yg keluar sangat banyak dan merah cerah. Disertai rasa nyeri yg amat sangat dan pusing. Saya minum penambah darah hasilnya lumayan pusingnya g seberapa, tp nyerinya itu blm hilang2.. buat jalan sakit sekali di bagian perut bawah kanan kiri. Untuk bab dan buang angin jg sakit. Hingga hari ke3 ini. Dan bab saya berwarna kehitaman. Normalkah ini. Apa ada pendarahan di rahim atau pencernaan saya? Karena saya sering menggendong anak pertama saya yg beratnya 12 kg. Tolong ya dok dijawab. Terima kasih

    Hai,   Penyembuhan paska operasi caesar biasanya memakan waktu selama 3 bulan untuk pulih 100 %. Berdasar penelitian dengan waktu 3 bulan dianggap bahwa kondisi rahim yang mengalami penyayatan sudah dipastikan pulih dan kuat. Namun selama 3 bulan memang sebaiknya Anda benar benar merawat diri dengan tidak mengangkat/mendorong barang berat, makan gizi seimbang, istirahat cukup dan menjaga kebersihan luka sayatan dan kebersihan organ intim agar tidak terjadi penyulit saat proses penyembuhan. Dengan kondisi seperti ini sangat disarankan untuk Anda berobat dan memeriksakan diri ke dokter kandungan untuk melihat kondisi rahim Anda. Apakah rasa nyeri berasal dari rahim atau berasal dari organ tubuh yang lain. Penyebab nyeri ini bisa disebabkan :

    1. Infeksi pada rahim
    2. Gangguan usus
    3. Ulkus lambung / perdarahan pada saluran cerna
    4. Kista
    5. jaringan fibroid pada rahim
    6. Endometriosis
    7. Penyakit radang panggul
    8. Penggunaan IUD
    9. dll
    BAB yang hitam bisa menandakan adanya perdarahan pda saluran cerna atau diakibatkan makanan / obat yang Anda konsumsi yang memberikan warna hitam pada feses. Untuk mengetahui penyebab keluhan Anda maka dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang lain seperti USG, tes darah, tes feses, X-Ray perut dll. Penanganan akan diberikan sesuai kondisi medis penyebab dari keluhan Anda. Baca artikel Nyeri haid yang tak tertahankan di SINI. Untuk mengurangi nyeri maka Anda bisa melakukan hal hal berikut :
    1. Kompres hangat perut Anda
    2. Tempelkan koyo
    3. Minum obat pereda nyeri seperti paracetamol
    Semoga Membantu.   dr. Yusi