Tanya Dokter

  • nyeri perut

  •  ratna84
    Anggota
    malam dok.. mau tanya, bln april kmrin setelah saya selesai menstruasi bbrp hr kemudian kok perut saya terkadang msh terasa nyeri spt saat mens ya dok? terkadang nyeri dtg 2hr skali tp hny sebentar. lalu td sore saya berhububgan dg suami dan malamnya kok perut saya nyeri lg spt itu, kira2 knp ya dok? krna biasanya perut baik2 aja dok dan br pertama kali merasakan spt itu. trimakasih

    Halo,

    Nyeri perut pada periode menstruasi  dalam istilah medis disebut dismenorrhea. Hal ini sering terjadi pada wanita, namun tidak semua wanita mengalaminya. Dismenore dibagi dua, dismenore primer dan sekunder. Penyebab primer di sebabkan oleh kontraksi dinding rahim yang dipicu oleh menstruasi, untuk mengeluarkan isi darah kotor yang ada di dalam rahim, dan dapat juga dipicu oleh hubungan intim. Pada saat berhubungan intim yaitu saat penetrasi juga dapat mencetuskan terjadinya kontraksi otot rahim, yang wanita alami sebagai nyeri perut. Hal ini merupakan hal yang normal.

    Namun ada beberapa penyakit yang dapat mencetuskan nyeri perut bawah dari wanita terutama saat menstruasi seperti :

    - tumor rahim/mioma

    - endometriosis, bagian mukosa rahim yang berada di luar rahim

    Hal ini merupakan hal yang tidak normal, bila nyeri perut berlangsung terus-menerus. Sebaiknya Anda mengonsultasikan lebih lanjut ke dokter kandungan, dan dilakukan pemeriksaan tambahan seperti pemeriksaan darah dan USG rahim untuk diagnosis penyakit lebih lanjut.

    Berikut tips untuk mengatasi nyeri perut saat periode menstruasi:

    - kompres air hangat pada daerah perut yang nyeri

    - naikkan posisi kaki saat berbaring

    - tidur miring ke satu sisi dengan lutut ditekuk

    - konsumsi anti nyeri yang dijual bebas seperti paracetamol atau ibuprofen

    Bila nyeri masih berlangsung terus-menerus, segera temui dokter Anda untuk konsultasi lebih lanjut.

    Semoga bermanfaat,

    dr. Mira