Tanya Dokter

  • Belum hamil setelah 1 tahun menikah

  •  121209
    Anggota
    alo dok, saya berumur 27 th dan baru merid 1 tahun lalu.. sebelum menikah saya pasti mengalami sakit perut ketika dtaang bulan, dan sakit perut ini tambah menjadi2 setelah menikah bahkan ketika sedang melakukan hubungan suami istri perut bawah saya suka nyeri. saya sudah ke dokter katanya tidak ada kista atau tumbuh daging dan saya di kasih makan obat esthero dan prothyra.. kira2 kalau saya makan obat ini apakah saya bisa hamil?? dan efwk samping apa dr obat ini dok?? thanks

    Halo 121209.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Kedua obat yang Anda utarakan mengandung hormon estrogen dan juga progesterone. Bisa hamil atau tidaknya Anda menggunakan obat ini tergantung dari penyebab pasti yang menyebabkan sampai saat ini Anda belum dikaruniai anak.

    Sekedar informasi untuk Anda, jika suatu pasangan yang dan wanita melakukan hubungan seksual tanpa alat kontrasepsi secara teratur selama satu tahun setelah pernikahannya, dan belum dikaruniai anak, maka dapat disebut sebagai pasangan infertil atau mandul.

    Kemandulan sendiri dapat disebabkan oleh karena berbagai macam hal seperti gangguan alat reproduksi maupun hal yang lainnya ( seperti kurangnya hormon ) pada wanita maupun pria.

    Oleh karena itu, kami menyarankan untuk mendiskusikan kembali masalah ini kembali dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan yang telah menangani Anda. Sehingga Anda dan pasangan dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut, dan akhirnya dokter dapat memberikan perencanaan pengobatan yang tepat dalam rangka program kehamilan Anda.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati