Tanya Dokter

  • Nyeri perut bawah

  • Dok,saya mau tanya , saya berumur 19th knpa ya berapa2 hari ini , perut bawah saya sering nyeri, terus payudara saya juga berasa sprti nyeri dan membengkak.. terus sikslus menstruasi saya pun tdk teratur... tlg dijwab ya dok

    Halo Fahma......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Kondisi Anda alami berupa rasa sakit pada perut bagian bawah kerap digambarkan sebagai nyeri panggul. Rasa sakit ini bisa menyerang pria maupun wanita, meski lebih umum ditemui pada wanita.

    Sakit perut bagian bawah pada wanita biasanya terkait atau berhubungan dengan organ reproduksi kaum wanita, seperti vagina, ovarium, rahim, serviks, atau Tuba fallopi.

    Berikut ini beberapa kemungkinan penyebab timbulnya sakit perut bagian bawah, yaitu : sakit perut akibat menstruasi, ovulasi, penyakit radang Panggul, kista ovarium atau gangguan lain pada ovarium, Endometriosis, fibroid rahim, gangguan pada serviks seperti infeksi/ radang/ kanker, kanker rahim, radang saluran Tuba.

    Sedangkan penyebab timbulnya sakit perut bagian bawah yang tidak berhubungan dengan organ reproduksi wanita, diantaranya adalah : gangguan usus, radang usus buntu, radang kandung kemih, infeksi ginjal, batu ginjal, penyakit menular seksual, divertikulitis, penyakit crohn.

    Penyebab nyeri pada payudara anda bisa saja diakibatkan oleh karena : siklus menstruasi, Peradangan pada payudara, benjolan pada payudara yang bersifat non kanker, abses pada payudara, cedera pada payudara, ukuran payudara besar, ketidakseimbangan asam lemak.

    Dan yang terakhir adalah siklus menstruasi Anda yang tidak teratur dapat saja disebabkan oleh karena : stres psikologis, kelelahan, obesitas, penurunan berat badan yang ekstrim, sindrom ovarium polikistik, gangguan pada kelenjar tiroid, kista ovarium.

    Karena keluhan Anda cukup banyak, kami sangat menyarankan kepada anda untuk segera menemui dokter spesialis kebidanan dan kandungan terlebih dahulu, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut, sehingga akhirnya penyebab pasti diketahui, dan penanganan yang tepat dapat di berikan.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati