Tanya Dokter

  • Nyeri perut bawah sebelah kiri

  • Assalamualaikum dok.. Saya punya riwayat penyakit gastritis, belakangan ini saya haid dan terasa nyeri pada abdomen bawah sebelah kiri saya kira penyebabnya disminorea tapi ternyata sampai 2mgg setelah haid masih terasa nyeri, nyerinya kadang2 apakah itu gejala usus buntu? Wassalamualaikum..

    Halo Febriayani.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Gangguan kesehatan yang anda alami saat ini dengan keluhan utama berupa timbulnya rasa sakit pada perut sebelah kiri bagian bawah memang dapat saja disebabkan oleh karena Peradangan usus buntu atau yang dalam bahasa medis disebut sebagai appendicitis.

    Akan tetapi selain oleh karena penyakit yang telah disebutkan diatas, kondisi yang Anda alami juga dapat disebabkan oleh : infeksi atau batu ginjal, peradangan pada kantong - kantong kecil yang terdapat di usus besar, kista ovarium, Endometriosis, infeksi pada Tuba fallopi atau/ dan ovarium, masalah pada leher rahim, dan lain sebagainya.

    Jika rasa sakit pada perut dirasakan bertepatan dengan menstruasi Anda, maka kami menyarankan untuk menemui dokter spesialis kebidanan dan kandungan terlebih dahulu, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut.

    Beberapa pemeriksaan yang kemungkinan akan dilakukan oleh dokter terkait masalah yang Anda alami, diantaranya adalah : pemeriksaan fisik khususnya bagian perut, tes darah, tes urin, USG khusus obsgyn, sehingga akhirnya segala sesuatunya terang dan jelas, dan penanganan yang tepat dapat diberikan.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati