Tanya Dokter

  • Mengatasi nyeri perut bagian bawah disertai keputihan

  •  Aulia Hilmi
    Anggota

    Halo dok, saya berusia 19 th belum menikah. Sejak satu bulan yang lalu saya mengeluhkan rasa nyeri di perut bagian bawah, kadang kram seperti saat mens tapi saya tidak mens, keputihan yang bewarna putih kadang kekuning kuningan dan pernah beberapa hari mengeluarkan bercak darah. Kemudian keluhan saya yang sekarang ini juga, di daerah mulut v merah seperti iritasi dan itu perih saat bergesekan dengan celana dan saat buang air kecil juga bagian tsb perih. Saya memakai pantyliner herbal dan rajin mengganti setiap 2-3 jam saat aktivitas padat saja dan tidak memaki panty saat di rumah. Saya sudah 3 kali ke dr.spog tetapi belum sembuh juga. Sebenarnya amankah penggunan pantyliner herbal tsb ya dok? Kemudian apakah saya harus kembali berkonsultasi dengan dr.spog terkait keluhan saya tsb? Apakah keluhan saya dapat benar2 disembuhkan? Karena menurut beberapa dokter spesialis dan umum yg saya temui, mereka mengatakan bahwa penyembuhanya lumayan lama sedangkan saya benar2 sudah merasa tidak nyaman. Terima kasih.

    Aulia Hilmi  Aulia Hilmi
    Anggota

    Saya diberi obat oleh sp.og ciprofloxacin dan ketorolac untuk seminggu, tapi karena masih sakit saya diberi obat yang sama hanya untuk 3 hari. Beberapa hari setelah obat habis, keluhan kambuh lagi dan saya konsultasib dg spog berbeda dan diresepkan grafazol untuk 7 hari dan ketoconazole untuk 2 hari, namun hingga saat ini masih belum hilang keluhannya bahkan daerah v sangat merah sehingga saya diberi obat dexamethason dan ciprofloxacin oleh dr. di puskesmas setempat.

    Aulia Hilmi  dr. Danny
    Dokter

    Hai. nyeri pada perut bagian bawah terasa seperti keram, dan muncul keputihan berawrna kekuningan dan iritasi daerah vagina dapat disebabkan karena banyak hal. Mungkin nyeri perut bagian bawah yang anda alami mungkin dapat disebabkan karena suatu endometriosis. Endometriosis merupakan suatu keadaan dimana terjadinya tumbuhnya bagian dalam dari rahim pada bagian luar rahim. Keadaan tersebut biasanya bersifat kronis dan akan  rasa nyeri terutama ketika sedang haid. selain itu, keputihan disertai dengan daerah vagina berwarna kemerahan mungkin dapat disebabkan karena suatu infeksi dari organisme seperti infeksi bakteri, parasit, jamur, dll. Gejala yang ditimbulkan bervariasi mulai dari gatal daerah vagina, keputihan berwarna kuning hingga kehijauan, demam, bau tidak sedap, dll. Tetapi selain hal diatas, keadaan yang anda alami juga dapat disebabkan karena penyebab lainnya seperti:

    • mioma uteri
    • kista
    • kanker serviks
    • dll
    oleh karena itu, sebaiknya anda melakukan konsultasi ulang secara langsung ke dokter spesialis kandungan anda, sehingga dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Mungkin nanti akan dilakukan pemeriksaan tambahan seperti pemeriksaan USG, pemeriksaan lendir vagina, pap smear, dll. sebaiknya kurangi pemakaian pantyliner walaupun berbahan herbal. Jika keputihan yang anda alami tidak terlalu banyak , sebaiknya cukup gunakan celana dalam berbahaya lain dan ganti secara teratur. Konsumsi buah dan sayuran setiap hari. Jangan merokok dan jangan konsumsi alkohol. Gunakan kondom jika berhubungan sex. Hindari penggunaan cairan antiseptik pembersih vagina secara berlebihan. berikut artikel yang dapat anda baca mengenai Endometriosis Keputihan semoga bermanfaat. Terimakasih dr. Danny