Tanya Dokter

  • nyeri perut hingga kram disertai mual

  •  Ulfi Prastino
    Anggota

    Dok, saya mau tanya? sudah beberapa minggu ini saya merasakan nyeri dan kram perut, lebih sering nyerinya terasa di bagian perut bawah. saya jg merasakan mual sebelum & sesudah makan. perut bawah terasa kembung, Bab saya jg kurang normal dok, sering bab 2 hari sekali dan semenjak melahirkan pun saya kena ambien. awalnya saya fikir saya hamil, karena merasa mual & perut bagian bawah terasa besar dan nyeri. tp setelah di testpack hasilnya negatif. saya jg memakai kb 3 bulan. kalau berhubungan kadang terasa nyeri dok. saya jg ada riwayat penyakit gastritis dok. sebernya sakit saya ini karena penyakit gastritis atau apa ya dok? mohon jawabannya dok, terima kasih.

    Hai Ulfi, Keluhan mual dan kembung yang Anda alami kemungkinan terkait dengan riwayat gastritis (peradangan dinding lambung) yang Anda derita. Kondisi ini dapat pula disertai dengan gangguan pencernaan dan masalah dalam BAB. Gastritis dapat menyebabkan timbulnya nyeri perut, namun umumnya nyeri dirasakan pada perut bagian kiri atas dan ulu hati. Nyeri perut bagian bawah disertai dengan timbulnya rasa sakit saat berhubungan intim dapat menjadi indikasi adanya masalah pada organ reproduksi. Kondisi medis seperti kista ovarium, miom, endometriosis, maupun radang panggul dapat menyebabkan keluhan ini. Namun demikian nyeri perut bagian bawah dapat pula diakibatkan oleh faktor penyebab yang lain seperti:

    Untuk dapat memastikan penyebab keluhan yang Anda alami tentunya diperlukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter. Apabila keluhan terus berulang ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter agar dapat ditelusuri penyebabnya. Melalui serangkaian wawancara klinis, pemeriksaan fisik, dan tes penunjang jika diperlukan (seperti USG, tes urine, tes darah, CT Scan dan sebagainya) dokter akan menganalisis penyebabnya sehingga penanganan yang tepat dapat diberikan bagi Anda sesuai dengan kondisi dasarnya. Berikut ini anjuran yang dapat Anda lakukan:
    • Beristirahat cukup dan mengurangi aktivitas fisik yang berat
    • Makan secara teratur, jangan terlambat makan
    • Hindari konsumsi makanan yang pedas, berlemak, asam, atau menimbulkan gas
    • Minum cukup air putih
    • Jangan menahan keinginan untuk berkemih
    • Hindari mengurut atau memijat bagian perut yang sakit
    Informasi berikut ini dapat berguna: Penyebab sakit perut bagian bawah Demikian semoga bermanfaat. dr. Muliani Sukiman