Tanya Dokter

  • Pengobatan nyeri perut bawah menjalar ke punggung dan lidah terasa pahit

  •  Randy Aganta
    Anggota

    dok saya nyeri perut bawah menjalar ke punggung bawah dan atas nyeri dan lidah saya rasanya pahit . .kemudian dokter meresepkan obat ranitide antasida dan omerapzol ,dan antibiotik mteronidazole ,buscopan dan flammar ..memang belum saya beli di apotik semua obatnya..apakah aman makan obat sebanyak itu dok  ?

    Halo Randy, Perlu Anda ketahui, peresepan obat oleh masing-masing dokter bisa berbeda-beda. Hal ini didasarkan oleh pertimbangan masing-masing, sesuai hasil pemeriksaan fisik secara langsung, yang ditunjang ataupun tanpa tes medis tambahan, dan juga riwayat penyakit pasien sebelumnya. Peresepan yang baik disesuaikan dengan hasil diagnosis penyakit. Oleh karena itu, terkait pertanyaan Anda di atas, sebaiknya berkonsultasi kembali ke dokter yang memeriksa Anda secara langsung. Anda bisa meminta penjelasan dokter mengenai diagnosis penyakit Anda serta manfaat dari masing-masing obat tersebut. Berikut beberapa penjelasan umum mengenai obat yang Anda dapatkan :

    • Antasida, ranitidin, dan omeprazol - obat untuk mengatasi sakit maag atau penyakit asam lambung. Bisa diresepkan secara terpisah ataupun dikombinasi (untuk sakit maag yang berat)
    • Metronidazole - antimikroba, baik mengatasi infeksi bakteri anaerob ataupun parasit
    • Buscopan, mengandung hyoscine butylbromide - mengatasi nyeri yang muncul akibat spasme dari saluran kemih atau saluran cerna
    • Flamar, mengandung natrium diklofenak - antinyeri/ anti-inflamasi golongan non-steroid
    Bila Anda ragu dengan resep dari dokter sebelumnya, Anda juga bisa meminta pendapat dokter lain (second opinion) dengan berkonsultasi dan memeriksakan diri secara langsung. Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat dr.LIli