Tanya Dokter

  • Penyebab nyeri perut di bagian kanan

  •  khadijah kn
    Anggota
    Dokter. saya suka merasakan sakit perut di sebelah kanan bagian. kadang sakitnya sampai menjalar ke daerah pinggang bagian belakang. kadang suka nyeri sekali. kalo lagi biasanya. perut sebelah kanan kalo ditekan itu rasanya sakit. kira kira penjelasan untuk sakit perut ini apa ya dok. apa ini sakit perut yang biasa atau karena ada hal lain. mohon jawabannya dokter. terima kasih
    khadijah kn  Loading
    Anggota
    Kalok gak salah itu sakit ginjal atau kurang cairan dan infeksi kantung kemih sy pernah ngalamin
    khadijah kn  khadijah kn
    Anggota
    meskipun nyeri nya tidak sering.

    Halo khadijah kn......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Gangguan kesehatan yang Anda alami dengan keluhan utama berupa timbulnya rasa sakit pada perut sebelah kanan, paling sering disebabkan oleh karena peradangan usus buntu atau yang dalam bahasa medis disebut sebagai Appendicitis.

    Appendicitis merupakan suatu kondisi yang terjadi oleh karena terdapatnya penyumbatan pada usus buntu oleh karena infeksi, Sehingga terjadi pembengkakan yang umumnya perlu diatasi secepatnya.

    Akan tetapi selain oleh karena appendicitis, kondisi yang Anda alami juga dapat disebabkan oleh : Batu empedu, hepatitis, kista ovarium, endometriosis, batu ginjal, infeksi saluran pencernaan, gangguan kesehatan pada lambung, Peradangan pada pankreas, infeksi pada ginjal, dan lain sebagainya.

    Jika kondisi yang Anda alami sudah sering mengalami kekambuhan, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter spesialis penyakit dalam, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut.

    Beberapa pemeriksaan yang kemungkinan akan dilakukan oleh dokter terkait masalah yang Anda alami, diantaranya meliputi : pemeriksaan fisik khususnya bagian perut, tes darah, tes urin, USG khusus perut, dll., sehingga akhirnya penanganan tepat dapat diberikan sesuai dengan penyebab pasti yang nantinya diketahui.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati